KIP Aceh Selatan : Verifikasi Parpol Telah Rampung

Aceh Selatan News | Tapaktuan   Sehubungan pelaksanaan Pemilukada di Aceh selatan, KIP (Komisi Independen Pemilihan) Kabupaten Aceh Selatan, telah menyelesaikan proses verifikasi faktual terhadap partai politik, berbasis lokal dan nasional, dikabupaten tersebut, proses yang sudah berlansung sejak tanggal 19 hingga 24 november 2012.

Irwandi SP MP selaku Ketua Pokja Verifikasi Partai Politik KIP Aceh Selatan saat ditemui, Selasa (20/11) mengatakan “Alhamdulillah verifikasi faktual yang kita laksanakan selama empat hari ini berjalan mulus, sesuai dengan aturan yang ada”.

Irwandi saat ditemui yang juga didampingi Komisioner KIP Suhaimi Salihin S.Ag, mengatakan, proses verifikasi dilakukan dengan cara menjumpai langsung pengurus atau pemegang KTA Parpol, guna memastikan kebernarannya. “Apabila Pemegang KTA keberatan. Kita juga menyediakan form formulir tidak mendukung. Namun sampai saat ini belum ada pihak yang menyatakan keberatan” jelasnya.

Berdasarkan keputusan KIP Provinsi Aceh, Khusus untuk Partai Aceh tidak dilakukan lagi verfikasi faktual hal ini di karenakan pada pemilu lalu tahun 2009 parati tersebut berhasil meraup kursi mencapai 5 persen dari jumlah kursi yang diperebutkan dalam pemilu. Aturan ini tertuang dalam UUPA, Ujar Irwandi

“Dalam proses verifikasi faktual ini kita juga menemukan salah satu parpol berbasis nasional alamat kantornya tidak sesuai dengan berkas yang ada di KIP. Namun kepada partai yang bersangkutan diberi masa perbaikan dari tanggal 27 November sampai dengan tanggal 3 Desember 2012.”(Sumber : Serambie Indonesia)

 

 

Komentar