Kodim 0107 Aceh Selatan Gelar Isra’ Mi’raj

IMG-20170516-WA009_editAceh Selatan News | Tapaktuan – Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 H tahun 2017 yang di pusatkan di Aula Makodim 0107/Asel, Gampong Lhok Bengkuang Barat, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa ( 16/05/2017).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Ust.Indra Hidayat selaku penceramah, Pasi pers Kapten Inf Alfonso selaku ketua pelaksanaan kegiatan, Ketua Persit KCK Cab XXIX Dim 0107/Asel Ny. Stevany Hary Mulyanto, Perwira Staf Kodim 0107/Asel, Para Danramil jajaran Kodim 0107/Asel, Prajurit Kodim 0107/Asel, PNS dan Anggota Persit.

Kegiatan Isra’ Mi’raj ini merupakan bentuk rohani dan pembinaan mental (Bintal) bagi seluruh prajurit TNI, Persit dan PNS yang ada dilingkungan TNI-AD, oleh karena itu acara tersebut menghadirkan penceramah Ustadz Indra Hidayat untuk menyampaikan siraman rohani dan pembekalan agama dengan mengambil tema “Jadikan Hikmah Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw 1438 H/2017 M Untuk Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan, Disiplin, Loyalitas Serta Pengabdian Prajurit Guna Terwujudnya TNI yang Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat”.

Pada acara pembuka di awali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Pelda Busra kemudian kata-kata sambutan Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto yang diwakili oleh Pasi Pers Kapten Inf Alfonso. Dalam kesempatan itu Alfonso menyampaikan peringatan Isra Mi’raj ini kita dapat memahami kisah perjalanan spritual rasulullah SAW sehingga kita terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan kita sehari-hari.

“Ambil nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya, jadikan suri tauladan Baginda Rasul dalam kehidupan kita, salah satunya Sholat karena isra’ mi’raj adalah perjalanan menghadap Allah SWT untuk menerima perintah salat lima waktu,” imbaunya kepada seluruh jemaah yang hadir.

“Insya Allah dengan mengambil hikmah dan nilai yang bermanfaat dalam kegiatan ini maka kita semua akan mendapat berkah dan limpahan rahmat dari Allah SWT,” tutupnya mengakhiri kata-kata sambutan Dandim yang dibacakan oleh Pasi Pers Kapten Inf Alfonso.

Kemudian, kegiatan selanjutnya yang merupakan acara inti yaitu ceramah Isra’ Mi’raj oleh Ustazd Indra Hidayat yang menyampaikan Apa itu Isra’ Mi’raj sehingga menjadikan sebuah perjalan spritual Rasulullah SAW yang sangat luar biasa yang harus kita peringati dikaitkan dengan kehidupan TNI.

“Isra Mi’raj merupakan inti dari perjalanan Nabi Muhammad Rasulullah SAW selama hidupnya yang terkhusus untuk menghadap Allah SWT, bersama ruh dan jasadnya menempuh jarak ribuan bahkan jutaan kilometer hanya dalam waktu satu malam saja dalam perjalanan yang sedemikian cepat tersebut,” jelasnya.

Ustazd Indra Hidayat menambahkan, Isra’ dan Mi’raj merupakan dua cerita perjalanan yang berbeda. Isra’ merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan Mi’raj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerimah perintah di hadirat Allah SWT.

“Namun karena dua peristiwa ini terjadi pada waktu yang bersamaan maka disebutlah peristiwa Isra’ Mi’raj. Selama perjalanan Nabi ditemani Malaikat Jibril dengan menunggangi Buraq. Peristiwa Isra’ Mi’raj terjadi dalam waktu singkat, yaitu hanya dalam satu malam. begitu patuh, loyal dan dekatnya rasulullah dengan Allah SWT,” pungkasnya.

Dari ceramah tersebut, Ustazd Indra Hidayat memberikan pandangan sebagai pencerahan kepada seluruh prajurit dan persit yang hadir agar selalu patuh dan loyal terhadap pemimpin yang benar, patuh terhadap suami bagi ibu-ibu persit, tidak pernah menyombongkan diri karena Nabi Muhammad SAW yang begitu luar biasanya tidak pernah memiliki sifat dengki, iri hati dan sombong serta selalu berbuat yang terbaik bagi rakyat dan In Sha Allah TNI akan selalu di cintai rakyat dan semakin solid.

Di akhir acara, Ustazd Indra Hidayat membacakan doa untuk keselamatan dan kesuksesan TNI dalam bertugas mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang saat ini sedang banyak menghadapi cobaan dan tantangan, dengan harapan Baldatun Thaibatun Wa Rohmah.(Hs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*