Kodim 0107/Asel Sosialisasikan  Tanam Padi Metode Jarwo Super

IMG-20170527-WA001

IMG-20170405-WA009Aceh Selatan News | Tapaktuan - Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH beserta unsur Forkopinda dan Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto meninjau kegiatan TMMD ke-98 Tahun 2017 di Kec. Samadua berupa kegiatan non fisik sosialisasi dan pelatihan tanam padi dengan metode Jajar Legowo Super, Rabu (5/4/2017).

Kegiatan non fisik tersebut guna memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para petani dalam meningkatkan produksi padi. Pada kesempatan itu,  diperkenalkan tehnik penanaman padi mulai dari perlakuan benih, penyemaian dalam tray semai (dapog).

Selanjutnya diperlihatkan cara  pemeliharaan padi, pra tanam sampai dengan metode penanaman padi dengan menggunakan mesin rice transplater Indojarwo yang di miliki Kodim 0107/Aceh Selatan

Dandin 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto menyampaikan,  kegiatan ini dilakukan untuk dapat mengubah kebiasaan petani yang menanam dengan menggunakan metode ubinan dimana dengan metode ini waktu yang diperlukan cukup lama dan hasil yang diperoleh standar seperti biasanya saja.

"Tetapi dengan metode Jajar Legowo Super, petani akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya waktu semai dengan pengolahan sawah dapat dilakukan secara paralel karena penyemaian dapat dilakukan di pekarangan rumah atau tempat-tempat lain," paparnya.

Kedua, lanjutnya, biaya tanam akan lebih murah dan waktu lebih cepat karena menggunakan mesin rice transplanter yang dioperasionalkan oleh 2 orang dan membutuhkan waktu 6 jam setiap hektarnya.

"Selanjutnya padi yang ditanam dalam formasi 2 x 1 akan dapat memperbanyak rumpun padi yang di tanam karena dengan metode ubinan akan dapat ditanam sekitar 270.000 rumpun, sedangkan dengan metode Jarwo Super dapat ditaman sebanyak 300.000 rumpun padi," ujarnya.

Ditambahkan, keuntungan lain adalah tanam padi dengan metode Jarwo akan memberikan ruang cahaya yang lebih banyak sehingga hasil yang diperoleh dapat meningkat 30% karena padi dianggap ditanam dipinggiran sawah serta terakhir dapat mempermudah dalam pemeliharaan padi baik pembersihan gulma, pemupukan maupun mencegah penyakit dan hama.

"Diharapkan kedepan para petani di Aceh Selatan dapat beralih ke metode tanam padi Jajar Legowo Super dan memanfaatkan peralatan pertanian yang sudah tersedia saat ini" imbuhnya.(Hs)

Komentar

IKLAN DPMG II