Kondisi Rumah Dinas Guru di Teupin Tinggi Tak Layak Huni




Aceh Selatan News | Trumon – Rumah dinas guru (RDG) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Desa Teupin Tinggi Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan mengalami kerusakan hingga tak layak huni. Kondisi itu sudah berlangsung sejak bertahun-tahun.

“Kondisi rumah dinas di SD ini sudah tidak layak huni, kurang lebih sudah 15 tahun belum pernah tersentuh perbaikan dari intansi terkait, selama ini guru yang menempatilah yang memperbaiki sendiri seadanya,” ungkap Asmidin salah seorang Guru SDN Teupin Tinggi kepada Aceh Selatan News, Rabu (2/08/17).

Asmidin melanjutkan karena kondisi rumah tidak layak huni sehingga guru enggan menempati. “Bagaimana guru mau menempati rumah dinas ini. lantaran belum diperbaiki, Kasihan guru yang harus pulang pergi dengan jarak yang jauh,” keluhnya.

Permohonan renovasi rumah dinas tersebut sudah pernah diajukan kepada Dinas Pendidikan Aceh Selatan sejak tahun 2010 lalu. Namun hingga saat ini belum terealisasi.

“Sudah Pernah diajukan permohonan pada tahun 2010 tapi sampai sekarang belum ada perbaikan,” ujar Asmidin.

Selain kondisi rumah dinas yang memprihatinkan sekolah tersebut juga masih kekurangan ruang kantor untuk dewan guru.

“Sejak tahun 2000 sekolah ini belum ada ruang guru di SD Teupin Tinggi ini,” imbuhnya.

Diharapkannya Pemerintah segera memperbaiki rumah dinas guru tersebut. Sehingga kondisinya menjadi layak dan nyaman untuk dihuni.

“Karena rusaknya memang sudah lama jadi kita harap rumah ini tahun ini segera diperbaiki,” harapnya.

Secara terpisah tokoh masyarakat Teupin Tinggi, Salmaun mengatakan “Terkait rumah dinas guru yang rusak. Kami masyarakat tentu mengharapkan adanya perbaikan.”

Terlebih lagi mengingat para guru yang mengajar di sekolah itu, berasal dari luar wilayah Trumon dan harus bolak-balik.

“Jika ada bangunan rumah dinas itu, maka dipastikan tidak ada lagi alasan para guru untuk tidak datang mengajar, karena hujan, jalan becek dan sebagainya. Selain itu, para guru yang mengajar di sekolah itu bisa bertempat tinggal di rumah dinas yang berada lingkungan sekolah tersebut, sehingga proses belajar dan mengajar bisa berjalan lancar,” paparnya.

Salmaun berharap, Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas Pendidikan memperhatikan kondisi rumah dinas guru SD Teupin Tinggi tersebut dan melaksanakan perbaikan.(Azk)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*