Korem TU Gelar Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Kodim Aceh Selatan

Aceh Seleatan News | Tapaktuan – Sebagai bentuk kesiap siagaan menghadapi bencana Komando Resort Militer 012/Teuku Umar menyelenggarakan latihan gabungan penanggulangan bencana alam, Senin (18/12/2017).

Kegiatan yang diikuti oleh unsur TNI dari Kodim 0107/Aceh Selatan, Yonif 115/ML, Polres Asel, BPBD, Basarnas, Dinsos, Dinkes, PMI, Tagana, PMI dan FKPPI Aceh Selatan itu dipusatkan di Makodim 0107/Aceh Selatan, gampong Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan.

Sebelumnya, Pembukaan dilaksanakan di Lapangan Naga Tapaktuan oleh Danrem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus, SE, MM yang diwakili oleh Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono, S. Ag secara resmi membuka acara latihan penanggulangan bencana alam dengan melibatkan 150 peserta.

Kegiatan ini ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur kerja hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi dan Kodalops dalam penanggulangan bencana alam.

Danrem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus, SE, MM, dalam amanatnya yang dibacakan Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono, S. Ag, menyampaikan bahwa saat ini di wilayah Indonesia tidak terkecuali Provinsi Aceh memasuki suatu musim dengan curah hujan yang cukup tinggi dan diikuti kondisi cuaca yang sulit diprediksi.

“Kondisi demikian berpotensi menimbulkan bencana alam terutama banjir dan tanah longsor,” ucapnya.

Maka dari itu, sambung Kasrem, meminta semua pihak untuk selalu siap siaga dan melakukan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir kerugian, baik personil maupun materil.

“Latihan yang kita laksanakan hari ini tujuannya untuk mengantisipasi dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur TNI, Pemda maupun organisasi masyarakat dalam bertindak tepat, tidak ada keraguan dalam menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi,” sebut Kasrem.

Lanjutnya, untuk melakukan langkah kongkrit dalam melindungi masyarakat apabila terjadi kondisi yang darurat adalah kesiapsiagaan aparat, Dinas Instansi terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama masyarakat didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

“Seluruh komponen perlu melakukan upaya, salah satunya dengan peningkatan kualitas lingkungan di sekitar kita, menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya yang tinggal di aliran sungai dan daerah rawan longsor agar lebih aktif memelihara menjaga kondisi alam,” pungkas Kasrem.

Secara terpisah, Dandim 0107/Asel melalui Plh. Pasi Ops, Kapten Inf. Kamsita Sari mengatakan sesuai jadwal yang telah disusun oleh Korem 012 akan berlangsung selama 5 hari terhitung sejak 18 – 22 Desember 2017.

“Kegiatan ini akan diisi dengan pembakalan materi seputar penanganan kebencanan yang berlangsung dari hari Senin sampai Selasa selanjutnya kegiatan gelar pasukan dan pendirian posko di taman pala Tapaktuan pada hari Rabu kemudian pada Kamis dan Jum’at akan dilaksanakan dinamika penanggulangan bencana,” terang Kapten Inf. Kasmita.

Turut hadir dalam acara pembukaan latihan bersama itu, Wabup Kamarsyah.S.Sos, MM, Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono, ST, Kasdim 0107/Asel Mayor Inf Ferdinand, Kadis Pendidikan Drs. Martunis, Kadis Sosial Musni Yakub, Kakesbangpol Akmal Hilma dan tamu undangan lainnya.(Hs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*