Kurma di Perkarangan Mesjid Agung Istiqamah Tapaktuan Berbuah

Sejumlah wartwan sedang melakukan pengambilan gambar buah kurma yang ada di pekaranga Mesjid Agung Istiqamah Tapaktuan, Kamis (1/9) Foto : @facebook
Sejumlah wartawan sedang melakukan pengambilan gambar buah kurma yang ada di pekarangan Mesjid Agung Istiqamah Tapaktuan, Kamis (1/9) Foto : @facebook

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Pohon kurma yang tumbuh dipekarangan Mesjid Agung Istiqamah Tapaktuan kabupaten Aceh Selatan berbuah, hal tak lazim ini membuat masyarakat yang penasaran berdatangan melihat langsung.

Tgk Jamali, pengurus Mesjid Agung Istiqamah, mengatakan pohon kurma yang yang berbuah itu ditanam 11 tahun lalu.

“Itu kurma kurma tidak dibibitkan melainkan tumbuh dipekarang mesjid dan dipindahkan ke posisinya saat ini agar tertata rapi, ketika tumbuh mungkin bekas makan para jamaah buka puasa di mesjid ini,” ungkapnya, Kamis (1/9/2016).

Uniknya dari delapan batang kurma yang berada dalam pekarangan tersebut hanya satu batang pohon kurma yang berbuah tepat pohon yang berada disisi kiri mesjid.

Pohon yang berbuah memiliki tinggi sekitar 4 meter dan berbuah sepanjang musim tidak sampai disitu kurma ini tidak memiliki biji.

“Rasanya kelat atau sepat-sepat manis, kalau dikuliti lumayan manis sih” Kata Ifan, salah seorang wartawan televisi swasta yang mencicipi.

Menurut keterangan pengurus mesjid selama ini pohon kurma tersebut hanya dipangkas dan dibersikan saja tidak pernah diberi pupuk.(Iy)

Komentar