Lahir dengan jantung di luar tubuh, bayi ini bertahan hidup

Lahir dengan jantung di luar tubuh, bayi ini bertahan hidup
Lahir dengan jantung di luar tubuh, bayi ini bertahan hidup

Aceh Selatan News | Malang bagi pasangan suami istri di India ketika menemukan bahwa buah hati mereka terlahir dengan kelainan yang langka dan berbahaya. Rabu lalu, Priyanka Pal (24 tahun) melahirkan anak dengan kelainan yang membuat jantungnya berada di luar tubuh.

Kelainan langka tersebut bernama ectopia cordis dan kemungkinan terjadinya hanya delapan dari satu juta kelahiran. Bayi Priyanka yang hingga saat ini belum diberi nama itu harus mencoba hidup dengan jantung yang berdetak di luar dadanya.

Selama ini bayi yang terlahir dengan ectopia cordis biasanya akan meninggal saat dilahirkan atau hanya bisa bertahan pada hari-hari pertama dilahirkan. Dokter sendiri telah memperkirakan bahwa bayi laki-laki tersebut tak akan bertahan hidup lewat dari tiga hari.

Namun yang terjadi justru di luar dugaan. Bayi laki-laki itu masih terus bertahan hidup hingga enam hari. Hal ini hampir menyerupai keajaiban karena kemungkinan hidup hingga lebih dari enam hari sebenarnya kurang dari satu dalam satu juta kelahiran, seperti dilansir oleh Daily Mail(31/03).

Dokter sebelumnya memperkirakan bahwa bayi ini hanya akan berusia tiga hari.

Meski begitu, bukan berarti masalah berhenti jika si bayi bertahan hidup. Jika dia terus hidup hingga besar, orang tuanya harus menyiapkan banyak uang untuk melakukan operasi darurat di rumah sakit khusus. Operasi yang diperlukan bayi laki-laki itu tentunya akan membutuhkan banyak biaya yang tampaknya tak bisa dipenuhi oleh orang tuanya.

Pasalnya, Priyanka dan suaminya tergolong pada masyarakat golongan bawah yang tak memiliki cukup uang untuk melakukan operasi. Suami Priyanka bahkan mengatakan bahwa mereka tak memiliki cukup uang untuk makan dua kali sehari. Untuk itu, mereka berharap pemerintah membantu perawatan anak mereka ke depan.

Saat ini bayi laki-laki itu masih dirawat di Sultanpur Hospital. Masih belum diketahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk operasi dan apakah mereka harus pindah rumah sakit untuk melakukan operasi khusus tersebut.(mdk)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*