Makan kacang dapat turunkan risiko kematian




Ilustrasi Kacang-kacangan
Ilustrasi Kacang-kacangan

Aceh Selatan News | Jakarta  – Bicara tentang kacang yang ada dalam pikiran Anda kemungkinan adalah alergi kacang. Padahal kacang tak hanya bisa menyebabkan alergi, melainkan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Baru-baru ini peneliti bahkan mengungkap bahwa mengonsumsi kacang bisa menurunkan risiko kematian.

Tim peneliti dari Dana Farber Cancer Institute, Harvard School of Public health, dan brighton and Women Hospital bekerja sama untuk mengumpulkan data kesehatan selama 30 tahun. Mereka mengamati kebiasaan makan kacang dari partisipan.

Hasilnya, peneliti mengungkap bahwa orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kacang-kacangan jenis apapun memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang makan kacang. Tim peneliti juga menemukan bahwa orang yang rajin makan kacang memiliki tubuh yang lebih langsing, seperti dilansir oleh Daily Health Post (01/01).

Menurut Charles S Fuchs, MD, MPH, salah satu manfaat mengonsumsi kacang adalah penurunan risiko kematian akibat sakit jantung hingga 29 persen. Menurut Fuchs, penyakit jantung adalah salah satu pembunuh terbesar manusia selama ini. Selain bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung, kacang-kacangan juga menurunkan risiko kematian akibat kanker hingga 11 persen.

Peneliti juga mengungkap bahwa mengonsumsi kacang-kacangan bisa menurunkan risiko penyakit diabetes, menjaga kesehatan otot, dan menurunkan tekanan darah. Sayangnya penelitian ini tak menghitung faktor lain yang bisa menurunkan risiko kematian seperti kebiasaan olahraga, tidak merokok, mengonsumsi vitamin, dan lainnya. (merdeka)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*