Labuhanhaji Timur /  -

Masyarakat Labuhanhaji Timur Minta Pembangunan Pintu Irigasi Baru

Agustus 8th, 2016 | Posted in Labuhanhaji Timur | |
2017-11-24 22:18

IMG-20160807-WA007Aceh Selatan News | Labuhanhaji Timur – Sejak jebolnya intake irigasi dihantam banjir pada tahun 2014 lalu, menyebabkan masyarakat petani di tiga gampong, yakni, Gampong Kemumu Sebrang, Kemumu Hilir dan Gampong Sawang Indah, Kecamatan Labuhanhaji Timur, Aceh Selatan mengeluhkan ketidak lancaran aliran irigasi ke sawah mereka.

Bahkan, sebagian petani memilih tidak menggarap lahan persawahan untuk ditanami padi sehingga lahan-lahan terlantar tersebut mereka tanami tanaman muda.

“Jebolnya pintu irigasi tersebut sudah berlansung lama, dibangun pada tahun 2014, baru saja dibangun sekitar enam bulan tiba-tiba jembol di hantam banjir,” ujar seorang warga Gampong Kemumu Sebrang kepada Aceh Selatan News, Minggu (7/8/2016).

Akibat jebolnya pintu irigasi itu, menurutnya, sampai sekarang masyarakat petani di tiga gampong kesulitan menggarap lahan persawahan.

“Bagaimana harus menggarap lahan, aliran air irigasi tidak lancar dan ini sudah berlangsung lama sejak jebolnya pintu irigasi dialiran sungai,” ujarnya.

Keuchik Gampong Kemumu Hilir, Mutharruddin, mengatakan, jebolnya pintu irigasi itu karena dihantam banjir besar dua tahun lalu. Untuk menormalkan aliran air, masyarakat terpaksa bergotong royong secara manual.

“Meski air sudah mengalir tetapi tidak begitu lancar untuk mengairi lahan persawahan milik masyarakat petani di tiga gampong,” tuturnya.

Untuk itu, mereka meminta kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan maupun Pemerintah Provinsi Aceh agar membangun pintu irigasi baru yang berlokasi di aliran sungai Gampong Kemumu Sebrang itu.(Ran)

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.