Menteri Desa PDTT Minta Geuchik Publikasi Dana Desa ke Masyarakat

Menteri Desa PDTT Marwan Jafar memberikan pengarahan tentang dana desa kepada geuchik di Banda Aceh, Selasa (3/5/2016)
Menteri Desa PDTT Marwan Jafar memberikan pengarahan tentang dana desa kepada geuchik di Banda Aceh, Selasa (3/5/2016)

Aceh Selatan News | Banda Aceh – Baru kali ini ada dana desa yang diberikan secara langsung. Ini merupakan bentuk keseriusan negara dalam membangun negara. Sebab itu, diminta para geuchik (kepala desa) mengelola dengan transparan dan akuntabel.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Marwan Jafar dalam memberikan pengarahan tentang dana desa dalam pertemuan dengan para geuchik di Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Jaya yang berlangsung di ruang serbaguna Gedung Pemerintahan Aceh.

Marwan mengatakan bahwa dengan adanya pogram pembangunan dari bawah yaitu desa atau gampong maka desa menjadi subjek pembangunan, bukan objek dari pembangunan pemerintah. Hal tersebut bertujuan tidak lain untuk kejejahteraan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia.

Dalam hal ini Marwan berharap agar dana yang dipercayakan kepada gampong agar bisa digunakan secara maksimal untuk sarana dan prasarana desa atau gampong.

Di hadapan para geuchik, Marwan juga menjelaskan bahwa agar menggunakan dana secara transparan akuntabel.

Dalam hal tersebut penggunaan dana desa, ia menyarankan untuk dipublis ke masyarakat. “Misal laporan dana desa ditempel di tempat-tempat umum, atau diumumkan di masjid sebelum shalat Jumat dimulai, kan bisa dilakukan itu,” pintanya.

Marwan juga menjelaskan, dana desa hanya bisa digunakan untuk pembangunan sarana desa, seperti saluran, gorong-gorong, irigasi dan lain lain. Sehingga dana desa yang ditujukan kepada masyarakat bisa tepat sasaran dan bisa terlekasana dengan maksimal dan kesejahteraan bisa terwujud sesuai dengan harapan bersama.(goaceh)

Komentar