Menyimpan Makanan Panas ke Lemari Es Bikin Cepat Basi?

makanan kulkasAceh Selatan News | Life style – Memasukkan makanan panas ke lemari es sangat dilarang karena bisa membuat makanan cepat basi dan menjadi tak enak. Anda tentu sering mendengar kalimat ini. Lantas, apakah hal tersebut memang benar atau hanya mitos belaka?

Kebanyakan orang mengira bahwa mendinginkan makanan terlalu cepat, dengan memasukkan makanan panas ke lemari es akan mempercepat pertumbuhan bakteri pada makanan tersebut. Faktanya tidak demikian. Mendinginkan makanan dengan cepat tak akan membuat makanan basi.

Kebanyakan kasus makanan basi yang bisa membuat orang keracunan adalah karena proses penyimpanan dan pendinginan yang tak benar, misalkan meninggalkan makanan begitu saja di suhu ruangan atau meletakkan makanan panas dalam wadah besar dalam lemari es.

Berdasarkan Food Safety & Sanitation Program di dec.alaska.gov menjelaskan bahwa makanan harus cepat didinginkan untuk menurunkan kemungkinan pertumbuhan bakteri. Beberapa di antaranya adalah menggunakan es, atau meletakkan makanan pada wadah yang lebar, sehingga makanan cukup tipis agar cepat dingin. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan makanan ke lemari es untuk mendinginkannya, namun terlebih dulu harus membaginya menjadi beberapa wadah kecil atau memotong makanan menjadi potongan kecil.

Sementara itu, meletakkan makanan panas pada lemari es tak masalah. Namun hal ini akan membuat lemari es Anda menggunakan energi ekstra untuk mengembalikan suhu di dalam menjadi dingin karena makanan tersebut. Selain itu, jika Anda meletakkan makanan panas dalam wadah yang besar, maka makanan panas ini bisa menjadi magnet bagi bakteri yang ada dalam lemari es.

Untuk amannya, sebaiknya biarkan makanan di luar sebentar agar makanan tak terlalu panas saat dimasukkan dalam lemari es. Jika tidak, Anda bisa membagi-baginya dalam wadah kecil agar tak menyulitkan proses pendinginan dalam lemari es.(mdk)

Komentar