Pertanian /  -

Muara Sungai Tertutup Pasir, Nelayan Trumon Sulit Melaut

Juli 9th, 2017 | Posted in Pertanian, Trumon | |
2017-11-24 22:18

Aceh Selatan News | Trumon – Sejak beberapa bulan terakhir, nelayan di Kecamatan Trumon, Aceh Selatan kesulitan melakukan aktivitas melaut. Karena muara sungai di bibir pantai tertutup pasir.

Akibatnya, masyarakat nelayan yang juga warga di beberapa gampong dalam Kecamatan Trumon tersebut, terpaksa mencari jalur lain untuk menuju ke laut. Sedangkan, boat setelah usai melaut hanya di tambatkan di bibir pantai lautan Samudera Hindia itu.

“Kejadian ini sudah berlangsung sejak 6 bulan lalu, pasca musim barat. Sehingga para nelayan terpaksa mencari jalur lain untuk menuju laut,” kata Pawang Laot, Kecamatan Trumon, Jasmuddin kepada Aceh Selatan News, Sabtu 8 Juli 2017.

Selain itu, lanjutnya, sungai yang biasanya di lalui boat nelayan juga mengalami pendangkalan. Sehingga, sampai saat ini aktivitas bongkar muat hasil tangkapan nelayan di pelabuhan menjadi lumpuh.

“Kita sangat mengharapkan adanya perhatian pihak terkait untuk menggaruk sungai lebih dalam lagi dan membuka muara yang tertutup pasir tersebut, agar aktivitas nelayan kembali lancar,” harapnya.

Secara terpisah, Keuchik Gampong Keudai Trumon, Zaidir membenarkan sejak 6 bulan muara sungai tertimbun pasir, hingga mengakibatkan nelayan sulit ke laut.

“Karena setiap musim barat tiba, muara sungai itu selalu tertimbun pasir. Dulu kita pernah mengusulkan rencana pembangunan dinding pembatas muara dari batu gajah, namun hingga kini belum berhasil,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejak Kepala Dinas Perhubungan Aceh Selatan, semasa dijabat Drs. H. Tio Achriyat persolan ini juga sudah pernah disampaikan. Bahkan, rencana pembangunan dinding pembatas aliran sungai ke muara, DED-nya dulunya sudah pernah dibuat.

“DED-nya sudah kita buat, namun rencana tersebut tidak kesampaian. Padahal, dengan adanya pembatas dari batu gajah tersebut, kejadian muara tertutup pasir tidak akan pernah terjadi jika musim barat tiba,” imbuhnya. (Ran).

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.