Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan




IMG_20170615_113119Aceh Selatan News | Tapaktuan – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H tahun 2017, BPJS Kesehatan secara nasional memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik lebaran.

“Para peserta yang sakit saat mudik dijamin mendapat pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih mudah,” terang Kepala BPJS Cabang Tapaktuan dr Neni Fajar melalui Kanit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatutan BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Kurnia Idaman Kalbuadi Harahap, saat menggelar konfrensi Pers di Media Center kantor BPJS setempat, Kamis (15/6/2017).

Kemudahan lain, selama mudik para peserta tidak perlu melaporkan ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat, Baik untuk kondisi darurat maupun non darurat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, ini berlaku dalam priode 19 Juni hingga 2 Juli 2017.

“Jika normal kalau non emergency peserta harus memdapatkan surat rujukan dari puskesmas namun selama mudik bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus membawa rujukan.”

“Untuk menjamin peserta mendapat pelayanan lancar dan baik hingga puncak Idul Fitri kita tetap standby kan petugas di Rumah Sakit Yulidin Away Tapaktuan untuk memberikan informasi dan memberi layanan. Selain itu kita juga ada petugas piket yang selalu ada di kantor,” tegas Kurnia.

“Posko mudik didaerah kita Aceh Selatan memang tidak ada hanya baru ada di kota-kota besar,” lanjutnya.

Selain itu juga BPJS Kesehatan juga telah menyediakan pelayanan melalui Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan berbasis android yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Sementara itu, Staf Unit Menajemen Kesehatan Rujukan, Dian Hidayati menghimbau masyarakat yang sedang mudik diimbau selalu membawa kartu JKN-KIS, Kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Askes.

“Fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta,” kata Dian.

Untuk di Aceh BPJS punya kekhususan dengan ada Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA) jika belum memiliki kartu tetap dilayani namun harus segera didaftarkan selama 3×24 jam.

“Kalaupun belum terdaftar maka jika JKRA bisa langsung aktif saat didaftarkan dan maka petugas kita akan membantu,” terang Dian lagi.

Peserta BPJS mandiri diimbau agar selalu memastikan kartu selalu aktif agar pelayanan kesehatan berjalan lancar dan tidak terkendali.

“Mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” himbau Dian.

Hadir saat konfrensi Pers, Kanit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatutan BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Kurnia Idaman Kalbuadi Harahap, Staf Hukum, T Fauzansyah, Staf Pemeriksa Furqan, Kanit MPKP, Hambali dan Staf Unit Menajemen Kesehatan Rujukan, Dian Hidayati.(Iy)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*