Mutasi Sekdes Menuai Protes dari Forum Keuchik Kluet Tengah

IMG-20170515-WA014Aceh Selatan News | Tapaktuan – Forum Keuchik Kluet Tengah mengajukan protes atas mutasi yang dilakukan Bupati Aceh Selatan terhadap Sekretaris Desa (Sekdes) dalam kecamatan setempat pada tanggal 1 Mei 2017 lalu. Pengajuan protes itu mereka lakukan dengan mendatangi Kantor Bupati Aceh Selatan, Senin (15/5/2017) pukul 11.00 WIB.

Sedikitnya 14 orang Keuchik, termasuk Imum Mukim se-Kluet Tengah itu ingin menjumpai Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH untuk menayakan perihal mutasi Sekdes yang dinilai kurang tepat. Namun, Bupati Sama Indra tidak ditempat atau dinas luar, lalu mereka disambut oleh Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekdakab Aceh Selatan, H. Zulkarnain, M.Si.

Selain 14 orang Keuchik yang tergabung  dalam Forum Keuchik Kluet Tengah yang diketuai, Arifni (Keuchik Gampong Pulo Air)  dan Imum Mukim Manggamat,  Bentara Yacob dan Imum Mukim Talaga Batu, Husen, aksi protes itu juga diikuti oleh Ketua  Satuan Pemuda Manggamat (SPAMA), Jannatun Amin.

Setelah melakukan dialog singkat dengan para keuchik, lalu Kabag Pemerintahan,  Zulkarnain membawa para Keuchik untuk menjumpai Wakil Bupati Aceh Selatan, Khamarsyah S.Sos MM. Dalam  pertemuan dengan Wabup Kamarsyah,  Forum Keuchik menyampaikan keberatan terhadap mutasi dan penempatan para Sekdes Kecamatan Kluet Tengah yang dikeluarkan oleh Bupati Aceh Selatan pada tanggal 1 Mei 2017 lalu.

Alasan mereka, setelah mutasi tersebut ada beberapa gampong di Kecamatan Kluet Tengah, timbul ketidak cocokan antara Sekdes dan Keuchiknya,  sehingga berdampak pada roda pemerintahan. Sejumlah  Keuchik juga mengatakan,  bahwa sebelum mutasi tersebut dikeluarkan sebenarnya telah ada intervensi dari Camat Kluet Tengah terhadap Keuchik Lawe Melang dan beberapa orang Sekdes yang dimutasi.

“Sehingga terkesan mutasi ini merupakan ada kesan ketidak senangan atau unsur dendam dari Camat Kluet Tengah, Muchtar Yatim, SE,” ungkap para keuchik kepada Wabup Kamarsyah.

Atas alasan itu, mereka ingin bertemu langsung dengan Bupati Aceh Selatan dan meminta kepada Bupati untuk meninjau kembali mutasi tersebut sebelum dikeluarkannya SK terbaru para sekdes oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan.

Sementara, Wabup Kamarsyah dalam kesempatan tersebut berjanji akan menjumpai Forum Keuchik dengan Bupati Aceh Selatan. Namun hanya diwakili oleh 2 orang perwakilan dari Forum Keuchik untuk menyampaikan prihal tersebut secara langsung kepada Bupati.

“Mutasi itu sebenarnya hanya bersifat penyegaran para Sekdes, sama halnya seperti yang juga telah dilakukan mutasi Sekdes di Kecamatan lain sebelumnya dan hal itu merupakan kewenangan dari Bupati Aceh Selatan,” ujar Wabup Kamarsyah kepada rombongan Forum Keuchik Kluet Tengah itu.

Setelah mendengan tanggapan dari Wabup, para Keuchik bersedia menerima saran wabup dan kemudian pada pukul 12.30 WIB para Keuchik tersebut keluar dari ruangan Wakil Bupati untuk kembali ke Kecamatan Kluet Tengah dan akan kembali lagi setelah Bupati Aceh Selatan H.T.Samaindra SH berada ditempat.(Iy/Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*