Objek Wisata Sungai Simpali yang Terlupakan

IMG_3978Aceh Selatan News | Kluet Tengah – Jika dibandingkan dengan objek wisata sungai lainnya yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan. Potensi wisata Sungai Simpali, Kluet Tengah tentu tak kalah menariknya, bila dikelola serius oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Pariwisata setempat.

Namun, potensi wisata sungai yang menarik tersebut seperti terlupakan bahkan diabaikan begitu saja. Sungai Simpali menawarkan cita alam yang begitu sempurna. Aliran sungai mengalir dibawah apitan dua gunung menghijau, membuat pengunjung laksana terhipnotis untuk menjelajahi objek wisata itu.

Sungai Simpali merupakan Sungai Kluet, tetapi warga setempat akrab menamainya Sungai Simpali karena sebutan tersebut sudah mentradisi sejak turun temurun. Untuk berkunjung kesana tidaklah begitu sulit. Pengunjung bisa menaiki perahu mesin, dengan jarak tempuh 20 menit.

Sangat cocok bagi anda yang hobi bertualang, cobalah sekali-kali menjajal tantangan untuk menikmati keindahan alam Sungai Kluet atau Sungai Simpali di kawasan Kecamatan Kluet Tengah itu. Setelah sampai kesana, anda akan ditawarkan dengan pesona alam yang menakjubkan.

Aliran sungai yang jernih sudah barang tentu ditemui saat kita tiba di kawasan wisata Sungai Simpali. Hal ini, membuat kawasan tersebut ramai di kunjungi terlebih hari libur biasa maupun liburan hari besar. Sepanjang mata memandang, akan terlihat air yang jernih maupun gunung-gunung dipenuhi pohon-pohon besar. Seperti ekspedisi yang dilakuakan kru Aceh Selatan News, Minggu (14/5/2017).

Tidak lah sulit bagi pengunjung menggunakan jasa transportasi sungai jika ingin menuju Sungai Simpali. Karena, di pelabuhan Jamboe Teka, Gampong Lawe Meulang, tersedia penyedia perahu mesin atau robin. Jamboe Teka sendiri termasuk lokasi kunjungan wisata di daerah itu.

Jamboe Teka juga berfungsi sebagai pelabuhan alat transportasi sungai bagi warga setempat. Nah, jika anda ingin melakukan perjalanan sungai hendak menuju kawasan wisata Sungai Simpali, maka terlebih dahulu mampir di pelabuhan Jamboe Teka.(Si)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*