Pangdam IM Laksanakan Tanam Serentak di Labuhanhaji

IMG-20170527-WA001

img-20161029-wa010Aceh Selatan News | Labuhanhaji Barat – Pangdam Iskandar Muda, Staf Kementan RI, Dinas Pertanian Aceh, Bupati Aceh Selatan bersama masyarakat melakukan tanam serentak secara simbolis untuk musim tanam 2016-2017 di Gampong Kuta Trieng Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (29/10/2016).

Dalam kesempatan itu Pangdam IM Mayjend TNI Tatang Sulaiman, Staf Kementrian Pertanian RI, Ir Mukti Sajono, M.Sc, Kepala Dinas Pertanin Tanaman Pangan Provinsi Aceh, Prof, DR.Ir Abu Bakar Karim, M.Si, Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra SH bersama sejumlah pejabat lainnya langsung turun ke sawah yang berlumpur untuk melakukan penanaman padi secara simbolis.

Dalam suasana hujan seluruh pejabat berserta istri terlihat antusias melakukan penanaman padi.

Selama ini, setiap tahun hasil produksi tanaman padi di kecamatan setempat terus mengalami surplus, dan menjadi andalan sebagai lumbung padi bagi kabupaten Aceh Selatan.

“Labuhanhaji Barat ini pilot projeck nya Aceh Selatan dibidang pertanian karena sudah mampu melakukan tanam tiga kali setahun,” ujar Sama Indra.

Ia yakin Labuhanhaji secara keseluruhan bisa didorong tanam tiga kali setahun, untuk Kluet masih satu kali setahun sedangkan Samadua-Meukek sudah bisa dua kali setahun.

“Labuhanhaji Barat tidak perlu diragukan karena kalau disini merupakan pilot projectnya Aceh Selatan bisa tiga kali dalam setahun sedangkan kluet kita baru sekali setahun dan untuk Samadua hingga Meukek bisa dua kali setahun,” tambahnya.

Kadis Pertanian Aceh, Abu Bakar Karim dalam sambutannya mengatakan Aceh Selatan merupakan salah satu sentral penghasil padi di Provinsi Aceh.

“Aceh Selatan adalah salah satu sentral sumber padi kita sesudah Aceh Utara, Pidie dan kabupaten lainnya, untuk Subulussalam dan Singkil saat ini masih harus di pasok dari Aceh Selatan dan Abdya untuk memenuhi kebutuhan beras,” ungkap Abu Bakar.

Pangdam IM, Tatang Sulaiman mengharapakan seluruh jajaran Kodam, Korem, Kodim hingga Koramil bisa bersinergi dengan petani untuk meningkatkan produksi beras di Aceh, Khususnya Aceh Selatan.

“Masyarakat jangan heran kalau TNI sibuk bertani karena ini perintah dari atas dan perintah bapak presiden untuk pogram pertanian. Maka pemerintah juga mencetak sawah baru, membangun irigasi, bendungan dan lain-lain untuk mendukung pertanian. kita berharap kepada pemerintah, Kodim untuk melakukan pendampingan dan saya apresiasi kepada dinas pertanian dan bupati yang telah mbantu program ini,” kata Tatang Sulaiman.

Ia berharap dengan kedatangannya turun langsung untuk menggalakkan tanam serentak ini bisa memotivasi para petani untuk lebih giat lagi.

“Saya menghimbau kepada anggota teritorial harus giat melakukan pendampingan pertanian karena ini adalah tugas mulia tentu kita lakukan dengan iklas dan baik,” harapnya.

Tatang menambahkan kalau ekonomi kerakyatan kuat tentu TNI juga ikut kuat, “Mudah-mudahan kedepan Aceh suplus beras lebih baik lagi.”.

Dalam kesempatan itu juga ikut diserahkan sejumlah bantuan dari Pamgdam IM, Kementan RI, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh dan Bupati Aceh Selatan kepada sejumlah kelompok tani.

Hadir pada acara itu Pangdam IM Mayjen TNI Tatang Sulaiman beserta Ibu, Danrem 012/TU Kolonel Inf Djaka Budhi Utama, gito Beserta Ibu, Danpomdam Kol Cpm Kemas A Yani, Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra SH, Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi, S.Ik, Dandim 0107/Asel Letkol Kav. Hari Mulyanto, Staf Ahli Kementerian Pertanian dan Kadis pertanian Aceh, Abu Bakar Karim.(Jn/Hs)

Komentar

IKLAN DPMG II