Para Relawan Gelar  Simulasi Gempa dan Tsunami

doaAceh Selatan News | Tapaktuan – Para relawan kemanusian yang aktif memberikan bantuan penanggulangan bencana alam di Aceh Selatan masing-masing Satgas SAR, RAPI, PMI dan Tagana Dinas Sosial menggelar simulasi gempa bumi dan tsunami, di komplek Pelabuhan Tapaktuan, Sabtu (26/12).

 Acara dalam arangka memperingati 11 tahun terjadinya gempa disusul bencana tsunami yang memporak-porandakan sebagian bumi Aceh itu, dimulai dengan doa bersama untuk korban tsunami. Dan juga dalam rangka memperingati HUT Aceh Selatan Ke-70.

 Doa dipimpin oleh Tgk Nazir, Staf MPU Aceh Selatan yang diikuti puluhan relawan dan masyarakat sebagai pelakon scenario simulasi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Bataliyon (Danyon) 115 Macan Louser yang diwakili Kapten Inf Ketut Wardana, Kadis Sosial Aceh Selatan yang diwakili Kabid Sosial, Harmis Hasan, S.Pd, Sekretaris BPBD, Teuku Muhasibi, S.Sos, M.Si,  Ketua RAPI, M. Syarif, Ketua Markas PMI, Jep Andrian.

 “Dengan digelarnya simulasi ini, maka masyarakat korban Gempa dan Tsunami sudah mengerti tata cara dalam penyelamatan  diri dan juga sudah tahu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing, sehingga upaya penanganan yang diberikan dapat lebih koordinir dan solid,” kata Ketua SAR Aceh Selatan, Mayfendri kepada   di Tapaktuan, Sabtu (26/12).

 Dia berharap, dengan mementum peringatan bencana alam tsunami dan gempa bumi yang bersamaan dengan peringatan HUT Aceh Selatan ke-70, hendaknya dapat dijadikan motivasi untuk membangkitkan semangat masyarakat menuju kemajuan pembangunan Aceh Selatan yang lebih baik, makmur dan sejahtera. “Alhamdulillah, kegiatan berjalan baik dan sukses dan kita harapkan sebagaimana skenario yang dipaparkan dalam  simulasi bencana Gempa  dan Tsunami ini, supaya dapat diterapkan oleh masyarakat dalam penanganan saat terjadinya bencana sesungguhnya,” harapnya. (ran)

Komentar