Pasca Balita, Aceh Selatan News Mesti Melangkah Keluar Kandang

Aceh Selatan News I Portal berita lokal Aceh Selatan News dengan situs resmi www.acehselatan.com akan menuntaskan usia balita (bawah usia lima tahun). Sebagai penganjur jurnalisme warga, hal pertama yang ingin disampaikan bahwa saya amat mengapresiasi dan gembira atas inisiatif dan kreativitas Saudara Ihsan Yunadi dan kawan-kawan Redaksi Acehselatan.com. Upaya partisipatif warga, terutama dari kalangan muda seperti ini sangat penting artinya bagi percepatan inseminasi informasi dari, oleh, dan untuk masyarakat di daerahnya. Perkembangan peradaban dan kemajuan kebudayaan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh tersedianya informasi yang cukup, faktual dan komprehensif di tengah-tengah masyarakatnya. Dalam konteks ini, walau dalam kondisi yang penuh keterbatasan, Aceh Selatan News telah memainkan peran pentingnya di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Rentang waktu 5 tahun tentu belumlah apa-apa. Namun, periode kerja 5 tahun ini bukanlah waktu yang pendek, dipandang dari sudut suka-duka pengelolaan sebuah media. Ada ribuan cerita menyertai para pengelola media yang biasa disingkat ASN itu. Pengalaman-pengalaman panjang dan beragam tersebut telah memperkokoh setiap anggota redaksi dalam mewujudkan mimpi mereka ke masa depan. Kekompakan, soliditas, dan sinergi yang kuat sebagai hasil tempaan dinamika suka-duka 5 tahun menjadi modal terbaik dan tak ternilai dalam membesarkan ASN.

Memasuki usia selepas balita, tentu ada keinginan besar dari para pengelola untuk lebih berkembang, melebarkan sayap kepada hal-hal atau program baru. Sebagai salah satu pembina media ASN, saran saya adalah mulailah mengambil ancang-ancang untuk melihat tantangan baru terkait pengelolaan media massa. Melangkah keluar dari hanya sekedar menjadi pemain media lokal tingkat kabupaten, kembangkan diri untuk mulai menggarap isu-isu wilayah yang lebih luas, tingkat provinsi, tingkat nasional, bahkan ke level regional dan internasional.

Banyak strategi yang bisa ditempuh. Tetapi, paling penting dan utama adalah berkongsi dengan pengelola media lainnya yang sudah lebih dahulu menggarap isu-isu di tingkat yang lebih luas. Selain itu, pencarian dan peningkatan kemampuan SDM dari berbagai daerah secara profesional akan sangat efektif dalam mencapai maksud ini.

Demikian, semoga Aceh Selatan News semakin berjaya kemasa depan. Dirgahayu Aceh Selatan News, selamat ulang tahun yang ke-5 www.acehselatan.com

 

*Wilson Lalengke, S.Pd.,MSc.,MA
– Ketua Umum PPWI
– Pembina media Aceh Selatan News
– Pimred Koran Online Pewarta Indonesia‎

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*