Pemerintah Diminta Tangani Banjir Trumon Raya Secara Permanen

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Ketua Pemuda Trumon Raya (Petra), Adi Samridha meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprop) Aceh maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan agar menangani masalah banjir secara permanen di Trumon Raya meliputi Kecamatan Trumon, Trumon Tengah dan Trumon Timur.

“Soalnya, tiga kecamatan di Aceh Selatan itu, setiap tahun mengalami banjir, baik dampak hujan deras maupun dampak luapan Sungai Gelombang sehingga menggenangi pemukiman penduduk,” kata Adi Samridha kepada Aceh Selatan News di Tapaktuan, Jum’at (8/12/2017).

Selama ini penanganan banjir hanya dilakukan penanganan tanggap darurat, seharusnya dilakukan penanganan untuk jangka panjang. Sehingga setiap musim penghujan tidak terjadi lagi luapan banjir yang melumpuhkan perekonomian masyarakat.

“Salah satu penanganan banjir adalah melakukan normalisasi Sungai Kapa Seusak, Sungai Jambo Dalem dan Sungai Krueng Luas, sebab ke tiga sungai itu tidak mampu menampung debit air luapan Sungai Gelombang,” sebutnya.

Selain normalisasi, lanjutnya, juga perlu dilakukan renovasi jembatan Ie Mirah, Gampong Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah dan normalisasi sungai dari Titi Poben, Lhok Raya dan Cot bayu sampai ke aliran Sungai Trumon.

“Keseluruhan normalisasi sungai tersebut lebih kurang sepanjang 20 Km. Jika ini sudah dilakukan dengan baik maka banjir bisa teratasi dengan baik,” ucapnya.

Atas nama masyarakat dan pemuda Trumon, ia sangat prihatin dengan kondisi banjir yang kerap terjadi setiap tahun itu. Bukan hanya rumah penduduk yang tergenang air, tetapi juga lumpuhnya transformasi darat.

Ironisnya, turut lumpuhnya proses belajar mengajar baik tingkat SD/MIN, SLTP dan SLTA, karena semua sarana pendidikan tersebut terendam banjir. Juga sangat disayangkan, hasil kebun masyarakat terancam gagal panen.

Penanganan banjir ini memang harus sangat serius, karena dampaknya cukup menyiksa masyarakat seperti di Titi Poben, Lhok Raya dan Seuneubok Pusaka. Bahkan dalam 1 tahun 3 kali terjadi banjir.

“Untuk itu, kami sangat bermohon kepada Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Selatan untuk memprogramkan perencanaan penanggulangan banjir secara permanen di Trumon Raya,” pintanya. (Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*