Pemkab Aceh Selatan Desak Dewan Segera Bahas LPJ tahun 2016

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengaku tidak pernah mengabaikan pembahasan rancangan qanun (Raqan) Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBK tahun 2016 dengan DPRK.

“Sangat naif jika disebut eksekutif mengabaikan pembahasan LPJ tahun 2016,  malah kami mendesak melalui surat yang ditandatangani oleh Sekda agar segera dilakukan  pembahasan untuk menghindari adanya  penundaan transfer dana perimbangan dari pusat ke daerah,” jelas kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Diva Samudera Putra SE MM, Senin (11/9/2017) di Tapaktuan.

Diva yang didampingi Sekda Nasjuddin SH MM menjelaskan pihaknya tidak pernah mengabaikan pembahasan LPJ karena itu merupakan amanat Permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

“Disebutkan dalam peraturan itu tentang persetujuan bersama terhadap peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD oleh DPRD paling lambat 30 hari terhitung sejak tanggal diserahkan,” ujar Diva Samudera Putra.

Lebih lanjut ia mengatakan jika mengacu pada aturan tersebut, batas ambang waktu yang ditentukan telah lewat karena LPJ sudah diserahkan sejak tanggal 26 Juli 2017 lalu.

Sementara itu, Sekdakab Nasjuddin mengatakan seharusnya sesuai jadwal pembahasan LPJ tahun 2016 antara tim anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRK Aceh Selatan dilaksanakan hari ini dan besok (11-12/9/2017).

Namun pihak DPRK melakukan pembatalan jadwal tersebut melalui surat dengan alasan adanya rapat Banmus pada hari ini.

“Kita berharap agar DPR mengacu pada peraturan yang ada sehingga tidak ada peraturan yang dilanggar dan kepentingan masyarakat bisa diprioritaskan,” ujar Nasjuddin.

Terkait data untuk LPJ, Nasjuddin mengaku rancangan qanun yang diserahkan ke dewan adalah data yang dibutuhkan untuk pembahasan LPJ, data tersebut juga telah diaudit oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

“Jadi aneh jika dewan kembali meminta data karena seluruh data sudah diserahkan dalam LPj tahun 2016,” pungkasnya.(Iy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*