Pemkab Aceh Selatan Serius Benahi Kota Tapaktuan

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan serius menata tampilan kota Tapaktuan hingga menjadi daya tarik minat wisatawan lokal untuk berkunjung di pusat ibu kota daerah penghasil pala itu.

Salah satu gebrakan besar yakni  dengan dibukanya jalan berliku dikawasan perbukitan Puncak Gemilang antara  Gampong Lhok Bengkuang dan Gampong Lhok Bengkuang Timur dan di lokasi tersebut sudah menjadi objek wisata baru.

Sekdakab Aceh Selatan, H. Nasjuddin, SH, MM ketika berbincang-bincang dengan Aceh Selatan News di Tapaktuan, Kamis (31/8/2017) mengatakan, nantinya di Puncak Gemilang, selain menjadi areal perkantoran dan lokasi wisata, juga akan dijadikan pemukiman masyarakat.

“Pada tahun 2016 dua kantor telah ada disana yakni kantor PUPR dan BPBD dan pada tahun 2017 ini juga dibangun kantor Pertanian dan DPMG,” katanya.

Selain Puncak Gemilang, Pemkab Aceh Selatan juga menata Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Pala Indah I dan Taman Pala Indah II di Gampong Pasar kedua lokasi itu nantinya akan dihubungkan oleh jembatan baja yang diberi nama jembatan surullah. Di lokasi ini, setiap harinya juga ramai dikunjungan warga lokal maupun luar daerah. Karena dilengkapi   berbagai sarana  olahraga, taman bermaian anak dan aneka kuliner atau hanya sekedar melepas lelah.

Selain itu di Taman Pala Indah I sedang dibangun gedung olahraga (Gor) mini dan di Taman Pala Indah II sedang dibangun mesjid terapung sebagai destinasi wisata islami nantinya.

“Di reklamasi  pantai Taman Pala Indah pada hari libur juga banyak dikunjungi orang luar, ini bisa kita lihat plat nomor kenderaan yang dikenakan pengunjung.  Kalau Puncak Gemilang hampir setiap hari mendapat junjungan,” ujar Nasjuddin.

Menurutnya, dengan banyaknya kunjungan, juga telah membawa dampak ekonomi kepada masyarakat Tapaktuan dan sekitarnya. “Dari segi ekonomi sangat menguntungkan masyarakat,” sebutnya.

Ia mengutarakan, pembangunan Alun-alun didepan Kantor Bupati nantinya akan menjadi lapangan RTH  yang juga bisa dimamfaatkan masyarakat luas dan pada moment tertentu bisa digunakan sebagai lokasi acara khusus.

“Sedangjan Kantor Bupati lama yang terletak di Gampong Padang nantinya akan kita jadikan IC (islamic cantre) satu paket dengan Mesjid Agung Istiqamah Tapaktuan, untuk berbagai kegiatan keagaam akan dilaksanakan disana,” tutur Sekda Nasjuddin.

Penataan perkantoran juga akan dilakukan seperti memaksimalkan ruko Pemkab di reklamasi pantai, jalan Merdeka Tapaktuan dan ruko di jalan Ahmad Yani. Ruko tersebut akan dipasang alu kubon agar indah dan tertata.

“Tahun ini kita juga meronovasi ruko milik pemkab nantinya akan kita jadikan perkantoran agar lebih tertata,” tutupnya.(Adv)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*