Pemerintahan /  -

Pengusulan Dana Desa Rampung 100 Persen

Juni 14th, 2017 | Posted in Pemerintahan | |
2017-11-24 22:19
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Emmifizal SP
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Emmifizal SP

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Selatan telah merampungkan usulan pencairan dana desa ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) hari ini, Selasa (13/6/2017).

“Kita telah rampungkan usulan ke BPKD untuk mentransfer dana desa dari rekening daerah ke rekening desa, total 260 desa di Aceh Selatan sudah clear semua,” kata kepala DPMG, Emmifizal SP melalui Kabid Kelembagaan Pemberdayaan DPMG, Harun Rasyid SE, M.Si.

Mesti telah dilakukan transfer ke rekening desa, namun menurut Harun pihak desa tidak bisa serta merta begtu saja melakukan penarikan uang tersebut sebelum verifikasi selesai.

“Verifikasi meliputi mata anggaran, penempatan anggaran dan penggunaan anggaran sesuai dengan yang disyarakat,” terang Harun.

Dalam verifikasi yang berbasis aplikasi itu nantinya akan dilihat dari penggunaan dana desa meliputi 4 bidang yakni, Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Pelaksanaan Pembangunan Gampong, Penyelenggaraan Pemerintahan Gampong dan Pembinaan Kemesyarakatan Gampong

“Tambahannya selaian itu kita masukkan dana cadangan yang diatur dalam Peratutan Bupati (Perbup),” tambahnya.

Selain itu, verifikasi yang dilakukan juga tergantung kesiapan masing-masing desa, karena verifikasinya berbasis aplikasi, setelah selesai diposting maka anggaran bisa langsung dicairkan.

“Kita sebatas mengusulkan sementara transfer ke rekening desa merupakan kewenangan BPKD,” demikian Harun Rasyid.(Iy)

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.