Peninggalan Raja di Pamerkan di Stan Kecamatan Trumon




Aceh Selatan News | Tapaktuan – Pameran seni dan budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Aceh Selatan Ke-70 yang dipusatkan di Taman Pala Indah Tapaktuan,  18 kecamatan menampilkan berbagai budaya adat dan  seni di stan masing-masing.

Stan Kecamatan Trumon saat dibuka oleh Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH, Kamis (24/12) malam, ramai dikunjungi pengunjung untuk melihat dari dekat bentuk aksesoris peninggalan Raja Trumon, Teukoe Raja Husen. Seperti alat perang kerajaan, berupa pedang dan krieh (keris) yang dipergunakan untuk melawan Belanda.

Selain itu, ada juga ditampilkan  tempat tidur Raja yang lebih dikenal dengan  nama “kain tujuh lapih”. Makanan khas Raja seperti labu srikaya dan kue Subang Cadung, bahan dasarnya terdiri dari ubi, telor, gula dan santan kelapa.

“Labu srikaya dan kue subang cadung  rasanya sangat lezat yang  hanya  terdapat  di Trumon, semua itu adalah makanan khas Raja ,”   ujar  pengurus  Stan Kecamatan Trumon, Anis Mahizal kepada acehselatan.com di Tapaktuan, Jumat (25/12).

Anis Mahizal yang turut didampingi Camat Trumon, Emmivizal, SP menuturkan, stan Trumon juga menampilkan adat perkawinan,  seperti   kunci antar linto dimana kunci-kunci yang terikat di sebuah bejana itu setelah sampai di pintu rumah anak daro maka kunci-kunci itu akan di goyang-goyang, sebagai petanda linto  sudah sampai di rumah anak daro.

“ Ada juga kita tampilkan mahar raja untuk meminang putri, terdiri dari sirih bersusun,  emas ,  uang , kunyit, arang dan kemayan  yang diletakan diatas beras kuning, untuk diserahkan kepada pihak keluarga putri,” tuturnya.

Camat Trumon, Emivizal menambahkan, stan Trumon  bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi, Informasi dan Informatika dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. “Semua yang ditampilkan  berlatar belakang sejarah seni dan budaya, adat dan istiadad  yang ada di Kecamatan Trumon,” imbuhnya (ran).

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*