Ide ku : Perbaiki Birokrasi, Layani Masyarakat Dengan Ramah

Dalam pemerintahan, birokrasi merupakan pintu masuk antara masyarakat dengan pemerintahannya. Dengan hadirnya birokrasi maka urusan masyarakat dapat diselesaikan oleh pejabat setempat tanpa harus menghadap langsung kepejabat yang dimaksud. Sebahagian orang beranggapan bahwa prosedur yang demikian itu cukup baik selama ini walaupun kerap berhadapan dengan ‘muka masam’ birokrator yang melayani.

Peran birokarator dijajaran pemerintahan Aceh Selatan sejauh ini mendapat nilai lumayan tatkala melayani keperluan masyarakat untuk mengurus sesuatu. Tidak jarang kita mendengar pengalaman dari beberapa masyarakat yang mengatakan bahwa pegawai yang mengurusi birokrasi anu sangat tidak memuaskan. Dalam melayani keperluan seperti keperluan legalisir SK atau masalah kependudukan misalnya, sering dilayani dengan rasa terpaksa dan bermuka masam bahkan sering juga di oper kesana kemari sehingga masyarakat merasa geram namun tak berdaya. Semua pengalaman masyarakat ini bukan hanya sekali dua kali kita mendengar, hampir ditiap kecamatan di dalam Wilayah Aceh Selatan pengalaman serupa dialami masyarakatnya.

Saya masih ingat salah satu ungkapan dari salah seorang tutor tatkala mengikuti sebuah seminar di Blang Bintang setahun yang lalu. “ Jika bisa dipermudah kenapa mesti dipersulit?”. Ungkapan tersebut saya rasa sangat bertolak belakang dengan realita saat ini dimana untuk mengurus sesuatu saja kita mesti dihadapkan ke beberapa pejabat. Mending jika mereka berada dalam satu atap, sehingga tidak harus berjalan jauh yang merugikan waktu dan tenaga. Namun yang terlihat, Kantor – kantor yang berwenang di wilayah Aceh Selatan letaknya memang agak berjauhan. Tak heran jika banyak masyarakat merasa malas mengurus surat – surat ke Tapaktuan karena mereka punya pengalaman tersendiri yang menyisakan kejengkelan.

Kedepan, kita selaku masyarakat Aceh Selatan berharap tidak lagi mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari pengurus birokrasi pemerintahan. Para pemimpin birokrasi pemerintahan semestinya melihat tindakan anak buahnya tatkala melayani masyarakat, jangan hanya memerintah saja tapi luangkan waktu untuk menilai dan memperhatikan kinerja bawahannya supaya masyarakat yang datang dari jauh ke pusat pemerintahan tidak merasa disepelekan dan diacuhkan karena setiap masyarakat yang datang mengurus sudah pasti urusannya pun sangat penting.  Ketahuilah, banyak prosedur – prosedur yang telah dibuat itu tidak sesuai dengan keinginan masyarakat, setidaknya perlu diperbaiki dan buatlah prosedur yang memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluan mereka. Birokrasi yang baik adalah kebutuhan yang harus dilaksanakan supaya masyarakatpun senang dan merasa dihargai oleh pejabat – pejabat dijajaran pemerintah. Semoga…

David Effendi, ST
Pengamat Sosial | Indonesia Bloggerian Univercity

**Tulisan ini semata – mata untuk perbaikan, bukan bermaksud memojokkan.

Komentar