Petani di Aceh Selatan Berhasil Lakukan  Turun Sawah Tiga Kali Setahun

img_20160915_164507Aceh Selatan News | Labuhanhaji Barat – Petani di Kabupaten Aceh Selatan khususnya Kecamatan Labuhanhaji Barat, berhasil melakukan  turun ke sawah tiga kali sepanjang tahun 2016.

“Petani di Aceh Selatan, khususnya Labuhanhaji Barat sukses melakukan turun ke sawah tiga kali setahun,” ujar Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH saat meninjau persiapan tanam di Gampong Tutong dan Gampong  Kuta Trieng, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kamis (15/9/2016).

Kesuskseskan tanam tiga kali setahun itu, menurutnya, sudah menyamai pola tanam sebagaimana di lakukan petani di daerah Provinsi Jawa Barat,  seperti  Kabupaten Cianjur dan Kerawang.

“Dengan suksesnya masyarakat petani di Labuhanhaji Barat melakukan pola tanam serentak tiga kali setahun, berarti Aceh Selatan telah menyamai pola tanam seperti di Jawa Barat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Selatan, Ir. Yulijar, MM menjelaskan, lahan sawah di Gampong Tutong seluas 75 hektar dikelola oleh dua kelompok tani. Selain itu puluhan hektar lainnya juga tersebar di Gampong Kuta Trieng.

“Untuk mendukung tanam serentak tersebut, pemerintah membantu 25 kg/hektar, bibit padi jenis impari 30,” jelasnya.

Dia melanjutkan, bibit padi impari 30 tersebut berasal dari penangkaran yang dilakukan baru-baru ini.

“Insya Allah, dengan suksesnya tanam serentak di Labuhanhaji Barat ini, maka Aceh Selatan berhasil menerapkan pola tanam tiga kali setahun,” tutupnya.(Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*