PKK Aceh Selatan Juara Lomba Cipta Menu B2SA

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, berfoto bersama para juara pada Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman yang dipusatkan di Aula Dinas Pangan Aceh, Rabu (9/8/2017).

Aceh Selatan News | Banda Aceh – Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Selatan berhasil menjadi Juara Pertama pada Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman. Dengan kemenangan tersebut, Aceh Selatan akan mewakili Aceh pada event yang sama di tingkat nasiona yang akan digear pada Oktober tahun ini di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, mengingatkan para pemenang dan pendamping untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu membawa harum nama Aceh di tingkat nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh wanita yang akrab disapa Ida itu, dalam sambutan singkatnya saat menutup secara resmi Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang dipusatkan di Aula Dinas Pangan Aceh, Rabu (9/8/2017).

“Selamat kepada para peserta yang berhasil menjadi Juara Umum, dan akan mewakili Aceh pada event yang sama di tingkat nasional. Persiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar mampu mempersembahkan yang terbaik dan mengharumkan nama Aceh. Bagi yang belum menang jangan kecewa karena menu yang ditampilkan selama lomba sudah baik,” ujar Ida.

Dalam sambutannya, Dyah juga mengungkapkan, bahwa kreativitas para peserta Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Cipta Menu B2SA sangat beragam. Kreativitas tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kegemaran masyarakat terutama anak-anak, sehingga berimbas pada berubahnya pola pangan yang saat ini masih tergantung pada Beras dan Terigu.

“Sesuai dengan potensi pangan di wilayah masing-masing, para peserta sudah mampu berkreasi dan menciptakan beragam menu olahan dari bahan pangan lokal yang bergizi seimbang dan aman bagi keluarga. Ini tentu sangat baik untuk mengubah pola konsumsi masyarakat yang saat ini masih bergantung pada beras dan ganndum,” ujar Dyah Erti Idawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Aceh, Masnun menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman untuk dipersembahkan pada keluarga maupun dikembangkan sebagai usaha kuliner.

Masnun menambahkan, kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari (7-9/8) ini, diikuti oleh 19 kabupaten/kota se-Aceh. Sedangkan 4 kabupaten/kota absen karena tidak menyelenggarakan event  di tingkat kabupaten masing-masing.

Juara akan mewakili Aceh pada even B2SA tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan juara Lomba Masak Serba Ikan akan mewakili Aceh pada event yang sama tingkat nasional di Jakarta, dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional.

Kabupaten Aceh Selatan berhasi mengungguli kabupaten lain dengan meraih poin tertinggi, yaitu 107.75. selanjutnya diikuti oleh Kabupaten Pidie di peringkat kedua dengan meraih 106.58 poin. Juara ketiga berhasil diraih oleh Kabupaten Aceh Utara dengan 105.77 poin dan Juara Harapan berhasil diraih kabupaten Aceh Besar dengan 104.71 poin.(Ril)

Komentar