Ratu Azzana Sosok Gemilang Pelantun Lagu Bersahaja




Aceh Selatan News | Ratu Azzana Evams yang kerap disapa Ratu Aceh selatan merupakan sosok pelantun lagu Bersahaja “bersamamu Aceh Selatan Jaya” dilahirkan di Gampong Kedai Runding Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan pada tanggal 31 Januari 2008. Gadis cilik ini merupakan putri pertama dari pasangan Muslizar, S. Pd dan Eva Gusfita Amd. Farms, Prestasi demi prestasi yang diraihnya di dunia kesenian tak terlepas dari dukungan dan bimbingan kedua orangtuanya.

Ratu masih duduk dibangku kelas VI SD Negeri Kedai Runding. Ia juga pernah sekolah di SD Negeri Kapeh, namun bersebab beberapa faktor akhirnya pindah ke sekolah yang sekarang ia duduki. Di usia yang masih sangat muda belia, ia sangat menggemari dunia kesenian, mungkin lebih fokusnya lagi ke dunia tarik suara. Hal ini terbukti dari lantunan lagu Bersahaja yang mendapatkan apresiasi positif dari semua kalangan, mulai dari anak-anak sebayanya maupun orang dewasa.

Ratu Aceh Selatan adalah nama julukan buat Ratu Azzana Evams. Lagu Bersahaja “Bersamamu Aceh Selatan Jaya” yang dilantunkannya digemari oleh masyarakat Aceh Selatan. Prestasi ini dapat kita lihat dari hasil viewer yang mencapai puluh ribuan di akun YouTube. 

Bakat yang begitu besar di diri Ratu tak dapat dipungkiri lagi. Bagaimana tidak, sekarang selain sekolah, Ratu merupakan vokalis  sekaligus pelatih di Grup Azzana Gambus binaan Hj. Cut Harnailis, SP. Beberapa judul lagunya bersama Grup Azzana Gambus Cinta Kami dan Kasih Ibu.

Kedua orangtuanya merupakan guru terbesar bagi Ratu. Sejak kecil ia sudah diperkenalkan oleh ayahnya dengan dunia kesenian, khususnya dunia musik. Bimbingan dan arahan serta dukungan memang terus ditancapkan padanya.

Ayahnya, Muslizar, S.Pd seorang guru kesenian di MAN 2 Aceh Selatan yang juga seorang pegiat dan pecinta dunia kesenian. Ketika masih berusia muda, ia juga pernah meraih prestasi prestasi dan sering tampil di pentas pentas Nasional, seperti di Bandung, Taman Mini dan Jakarta. Pada tahun 2004, ayahnya Ratu Azzana ini pernah dipercaya untuk melatih sanggar meuligoe dan sebagai Panitia Pekan Kebudayaan Aceh di Bidang Kesenian Kabupaten Aceh Selatan bahkan membawa Aceh Selatan sebagai Juara Umum di PKA Aceh ke IV yang dilaksanakan di Banda Aceh. Karya karyanya seperti musik, tari, dan teater sampai sekarang masih dipentaskan.

Lain pula hal dengan ibunya, Eva Gusfita adalah seorang yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan dijajaran Dinas Kesehatan yang mengabdi di Puskesmas Kecamatan Kluet Utara. Namun, selain menggeluti pada profesinya, ia juga seorang yang mengerti dan hobi dengan dunia kesenian. Bahkan juga sering berlatih dan memantapkan pemahaman seninya pada sang suami. 

Ratu Azzana Evams dapat dikategorikan gadis kecil yang sangat berprestasi di bidang kesenian. Hal ini dilihat dari beberapa kali ia pernah menjuarai lomba di bidang kesenian. Juara lomba mewarnai, juara II MTQ cabang Tartil di tingkat Kecamatan, Juara II Lomba Lagu di FL2SN tingkat Kabupaten Aceh Selatan, juara I fashion show, dan juara I Lomba Tari Kreasi.(Adv)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*