Ratusan Rumah di Kecamatan Kota Bahagia Terendam Banjir

Aceh Selatan News | Kota Bahagia – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Aceh Selatan sejak sejak beberapa hari terakhir, menyebabkan ratusan rumah penduduk di 7 Gampong dalam Kecamatan Kota Bahagia, Kabupaten Aceh Selatan, terendam banjir setinggi lebih kurang 30 – 50 centi meter.

Akibatnya, ribuan warga di 7 gampong yakni, Gampong Seunebok Keuranji, Gampong Rambong, Gampong Ujung Gunung Rayeuk, Gampong Beutong, Gampong Beutong, Gampong Ujung Gunung Cut dan Gampong Alur Duamas, tidak leluasa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Banjir juga merendam sarana pendidikan yakni, Gedung Sekolah Dasar (SD), Gedung Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) dan Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bahagia, sehingga siswa terpaksa diliburkan terhitung Jum’at, Sabtu dan Senin (4/12/2017).

Camat Kota Bahagia, Teuku Muhasibi, S.Sos, M.Si melalui Kasie Kensos, Maisuri, SP menyebutkan, luapan banjir selain merendam rumah penduduk dan gedung sekolah juga menyebabkan kerusakan jalan Gampong Seunebok Keuranji untuk menuju ibu kota Kecamatan Kota Bahagia sepanjang lebih kurang 5 meter.

“Gerusan air juga merusak berem jalan bagian kanan dan kiri dilintasan Gampong Ujung Gunung Rayeuk, sepanjang lebih kurang 50 meter. Banjir juga merendam lahan pertanian masyarakat,” sebutnya.

Sementara, Plh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) Aceh Selatan, Cut Syamzalisma, S.STP kepada Aceh Selatan News mengatakan, anggota BPBD sudah stanbay di lokasi untuk memantau langsung.

“Air sudah berangsur surut dan kejadian musibah banjir ini tidak ada korban jiwa. Hanya saja masyarakat sangat membutuhkan bantuan logistik. Karena bahan makanan sudah ikut terendam banjir,” ujarnya.

Untuk hal itu, tambah Cut Syamzalisma, pihaknya telah koordinasi dengan Dinas Sosial Aceh Selatan. “Dan Dinsos telah menugaskan TKSK untuk pendataan langsung untuk dasar penyaluran logistik,” imbuhnya. (Ran).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*