Realisasi Beasiswa Aceh Capai 1.124 Orang 2013

Ilustrasi
Ilustrasi

Aceh Selatan News | Banda Aceh – Pemerintah Aceh merealisasikan penyaluran beasiswa untuk program S2 dan S3 di berbagai universitas terkemuka dalam dan luar negeri kepada sebanyak 1.124 orang pada tahun anggaran 2013.

“Pemerintah Aceh melalui Lembaga Peningkatan Sumber Daya Manusia (LPSDM) tetap berkomitmen meningkatkan sumberdaya manusia Aceh. Selain beasiswa, juga diberikan bantuan pendidikan kepada 4.278 orang,” kata Plt Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Murthalamuddin di Banda Aceh, Jumat (21/2/2014)

Dijelaskan, beasiswa adalah bantuan pendidikan yg mengikat dalam waktu tertentu dengan bantuan sepenuhnya.

Sedangkan bantuan pendidikan diberikan sesuai ketersediaan anggaran, tidak mengikat dengan jumlah tertentu atau tidak sepenuhnya biaya ditanggung Pemerintah Aceh, katanya menambahkan.

Disebutkan pada 2014 tersedia 386 beasiswa dalam negeri, dengan program prioritas beasiswa prestasi, Jaringan Pengembangan Daerah (JPD), fakir miskin, program dokter spesialis, dan Tahfiz Quran serta sebanyak 113 orang untuk beasiswa luar negeri.

Beasiswa fakir miskin di berikan dengan mekanisme seleksi dan prosedur tertentu dengan melibatkan masing-masing Pemkab dan Pemkot. Tiap Kabupaten mengirim nama sebanyak 10 anak miskin yang cerdas berdasarkan hasil seleksi.

“Mereka difasilitasi pendidikannya ke politeknik-politeknik di Aceh dengan prioritas agar langsung bisa terserap ke pasar tenaga kerja,” ujarnya.

Terdapat beberapa program prioritas, Murthalamuddin menjelaskan misalnya program politeknik migas untuk mendidik generasi Aceh menjadi pekerja di sektor itu karena saat ini sangat langka, dan program lain yang dibutuhkan pasar tenaga kerja.

“Program ini untuk mengurangi pengangguran dan memperbaiki taraf hidup masyarakat. Itu menjadi model dalam rangka meningkatkan mutu tenaga kerja Aceh,” kata dia menambahkan.

Program pemerintah di sektor pendidikan dalam upaya meningkatkan kualiatas SDM itu juga merupakan rangkaian untuk memperkuat perdamaian Aceh. (antaraaceh)

Komentar