Kluet Tengah /  -

Rekanan : Pengerjaan Puskesmas Manggamat Sudah Sesuai RAB

Oktober 17th, 2017 | Posted in Kluet Tengah | |
2017-11-24 22:18

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Rekanan (kontraktor) pelaksana pengerjaan pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan, Bhaitil menyatakan, proses pekerjaan  sudah sesuai rencana anggaran biaya (RAB).

Bahkan,  mendapat pengawasan langsung dari konsultan pengawas maupun pihak Dinas Kesehatan Aceh Selatan.  Artinya, apa yang dikerjakan sudah sesuai sebagaimana tercantum dalam RAB.

“Jadi tidak benar apa yang disampaikan masyarakat kepada  LSM maupun Komisi C DPRK Aceh Selatan yang menyebutkan pekerjaan pembangunan Puskesmas Manggamat asal jadi,” kata Bhaitil kepada Aceh Selatan News di Tapaktuan, Selasa (17/10/2017).

Ia mengatakan, pengerjaan pembangunan Puskesmas merupakan proyek renovasi yang  anggarannya  Rp 2,6 milyar lebih sumber DAK ( dana alokasi khusus) Tahun 2017. Adapun   item pelaksanaannya meliputi pembangunan ruang rawat inap, ruang inap jalan, penimbunan dan pemasangan Alu Kubon pada dinding bangunan Puskesmas.

“Proses pengerjaan dilapangan diawasi langsung oleh konsultan pengawas yang dalam satu minggu 2 atau 3 kali turun kelokasi. Begitu juga pihak Dinkes yang selalu turun melihat proses pengerjaannya, sejauh ini, tidak ada masalah,” ujarnya.

Bhaitil melanjutkan, mengenai konstruksi bangunan lama  digunakan untuk bangunan baru, karena sebagian kayu konstruksi lama tersebut masih bagus kualitasnya dan layak dipakai. Jika ada pihak yang salah menilai  terkait anggaran, item pengerjaan  sudah dipublikasi di dinding pengumuman depan Puskesmas, termasuk plang proyek.

“Memang ada  Anggota DPRK Aceh Selatan yang datang kelokasi menayakan proses pekerjaan  kepada tukang bangunan. Namun, mereka tidak melihat papan pengumuman yang ditempel di dinding berupa  rangkuman  item  pengerjaan yang sedang dan akan kita kerjakan,” sebutnya.

Walau demikian, tambahnya, kritikan berbagai pihak tersebut menjadi masukan bagi pihaknya agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan proses pengerjaan pembangunan Puskesmas Manggamat itu.

Sementara, Kepala Dinkes Aceh Selatan, H. Mardhalita, SE, M.Kes  ketika ingin dikonfirmasi terkait hal itu,  belum berhasil dihubungi. Namun, sebelumnya Pejabat Pelaksana Teknik Kegiatan  (PPTK), Edi Permata menjelaskan, pengerjaan proyek pembangunan Puskesmas Manggamat sudah sesuai RAB.

“Pengerjaan pembangunan Puskesmas Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah itu merupakan renovasi, jika ada bahan konstruksi yang layak dipakai akan digunakan kembali untuk bangunan. Jika tidak bisa ya tidak digunakan,” jelasnya, seraya menambahkan, karena   kayu konstrusi lama itu kualitasnya masih sangat bagus dan layak dipakai. (Ran).

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.