Rujak Aceh diserbu pengunjung Jogja Expo

Petugas promosi masakan Aceh di gedung  JEC Jogjakarta foto di stan Aceh (Foto- Tarmizi)
Petugas promosi masakan Aceh di gedung JEC Jogjakarta foto di stan Aceh (Foto- Tarmizi)

Aceh Selatan News | Jogjakarta – Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKP Luh) Aceh sejak Kamis (20/6) kemarin sedang gencar menggelar promosi masakan dan makanan khas Aceh di Jogjakarta.

Dalam gegiatan itu kanji rumbi dan Rujak Aceh (Lincah Aceh) di serbu pengunjung untuk mencuba mencicipinya, stan Aceh mendapat sambutan luar biasa dari para penggunjung pameran, adapun acara ini di beri tajuk Pameran Kuloiner Nusan Tara di Jogja yang di gelar mulai 20 hingga 23 juni mendatang.

Makanan yang dipamerkan mewakili Aceh disana antara lain Tabaha yang di makan bersama lauk Lobster dari Simeulu (Sinabang), Kanji rumbi, Rujak Aceh (Lincah Aceh), Ayam masak Asam pedas (asam keueung), daging rebus (Sie reuboeh), Puding talas dari Nagan Raya, kerupuk tripang raja kubang dari Simeulu (Sinabang), janeng, buah rumbia (boeh meuria), buah nipah (boeh lipah), tepung sagu, ikan kayu, halua dari Aceh utara dan lepat dari Aceh Tenggara, demikian sebut Drs. Hasanuddin Darjo, MM, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh, saat di tanya media ini.

Moniq salah seorang karyawan swasta di Bank Bukopin Jogjakarta sambil menikmati kanji rumbi Aceh hasil buah tangan ibu – ibu dari tanah rencong mengatakan, “  Saya baru pertama kali makan kanji rumbi Aceh ini ternyata enak sekali,” Pernyataan Moniq di amini beberapa teman disampingnya.

Lebih lanjut karyawan Bukopin tersebut mengatakan makanan Aceh mulai mendapat tempat di Jogjakarta apa lagi dengan aroma masakan Aceh yang begitu menakjupkan, urainya.

Kepala Badan ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh mengatakan pentingnya makanan khas Aceh di pamerkan ke tingkat nasional bahkan ke Manca Negara, agar warga dunia tahu bahwa Aceh memiliki makanan berkelas dan sangat enak.

“ Untuk tahun ini Alhamdulillah kita bisa menggelar acara ini di Jogjakarta, sedangkan untuk tahun depan kita renacakan di Malaysia,” Bebernya.

Menurut pantauan saat berkunjung ke stan Aceh di bangunan JEC (Jogja Expo Center), terlihat para petugas di stan sedang sibuk melayani pengunjung, selain Ir. Faisal Juned, Msi (kabit konsumsi di BKP Luh) terlihat juga Drh. Mirza, Msi, Irawani (Ibu Camat dari Simeulu Cut), Amiruddin awak media Indonesia, dan Crue dari Aceh TV beserta para petugas lainnya dalam mengsuskan acara pameran kuliner ini.(Tarmizi)

Komentar