Sambal mentah udang sabu dan belimbing




sambalbajakbsrAceh Selatan News | Dikesmpatan kali ini, kami akan membeberkan sebuah resep yang sangat khas di aceh yaitu cicah sabee. Makanan ini sangat sederhana tapi jangan tanya kenikmatannya bagi sebagian besar rakyat Aceh makanan ini menjadi makanan yang selalu diimpikan sebab bisa menggugah selera makan.

Bahan yang harus disediakan

1. Belimbing secukpnya sesuai dengan jumlah yang akan dibuat.

2. udang rebon/udang sabu sesuai dengan jumlah yang akan dibuat.

3. cabe rawit, bawang merah dan garam sebagai pemeberi rasa tambahan.

Cara memasak sangat sederhana, tapi tidak dengan rasanya sebab bagi saya dan kami bahkan rasanya tidak sederhana khas pedas dan asam yang sanggat menggiurkan sungguh menigkatkan nafsu makan, oh ya hampir saja saya lupa untuk memaparkan cara membuatnya. Langkah pembuatan “cicah sabee” adalah sebagai berikut.

1.       Cuci  Udeng Sabee

Setelah semua bahan tersedia, maka kita mulai dengan mencuci udang rebon atau selanjutnya akan saya tulis udang sabu. Hanya saja pastikan udang sabunya dicuci sampai benar-benar bersih juga tidak ada sampah-sampah kecil disana sebab nantinya udang sabu ini tidak dimasak seperti makanan yang biasa kita buat lainnya.

2.       Potong Bahan

Seterusnya kita berpindah ke bawang dan  cabe rawit kita potong kecil-kecil. Juga jangan lupa kita ikut sertakan untuk dipotong buah belimbing yang masih segar dan berwarna hijau tentunya setelah semua bahan yang kita potong tadi selesai.

3.       Mengahaluskan

Maka sekarang kita beranjak menuju batu ulek atau selanjutnya kami sebut batee seumeupeh, kalau kamu sudah berada dihadapan batu peh makan masukkan semua bahan yang sudah kamu potong kecil-kecil tadi dan haluskan dan perlu diingat. Disaat menghaluskan kami biasanya tidak sampai terlalu halus.

4.       Menggongseng Udeng  Sabee

Dalam proses ini kita akan mulai dengan menyiapkan sebuah kuali atau cawan dan letakkan diatas kompor yang sudah menyala apinya. Pastikan kuali tadi telah panas dan kita masukkan udeung sabee yang sudah kita cuci sebelumnya, dan dalam proses ini didalam kuali tidak dimasukkan apaupun termasuk minyak dan aduk rata sehingga tercium bau yang sedap dari sana, jika sudah diaangap renyah dan tidak sampai gosong maka kita angkat.

5.       Proses menyatukan bumbu dan udeng sabee

 Semua udeung sabee masukkan kedalam atau keatas batee peh tadi dan lakukan pangadukan dan agak digiling dengan batu peh sehingga merata, jangan lupa menambahkan garam secukupnya dan seterusnya seion ini kita anggap selesai.

6.       Penyajian

Proses ini adalah proses finishing dimana dalam melakukan penyajian akan menentukan bagaimana makanan ini terlihat menarik supaya siapapun akan tergugah untuk mencobanya, penyajian yang biasa kami lakukan dan kami anggap paling sederhana dengan memasukkan ke sebuah piring dan meletakkan sendok dipinggirnya.[]

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*