Sayembara Menulis “Harapan Rakyat pada Parpol” Diperpanjang




Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Aceh Selatan News | Banda Aceh – Sayembara Menulis “Harapan Rakyat pada Partai Politik” yang digelar Gema Aneuk Muda Nanggroe Aceh (GAMNA), diperpanjang hingga 30 November 2013. Ini dilakukan karena kiriman tulisan masih sedikit dan belum merata sesuai sub-tema. Rendahnya animo masyarakat -terutama dari kalangan terdidik di sekolah, kampus dan dayah– dalam ajang menulis ini harus menjadi perhatian instansi terkait.

“Kami merasa tertantang dan terpanggil untuk menumbuhkan semangat menulis di kalangan masyarakat. Salah satunya dengan menggelar Sayembara Menulis “Harapan Rakyat pada Partai Politik”. Namun kiriman tulisan belum memadai dan tidak merata sesuai sub-tema yang dikehendaki untuk dibukukan,” kata Sekjen GAMNA, Tgk Muhammad Nasir kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (1/11).

Karena itu, kata Nasir, panitia memutuskan perpanjangan masa penerimaan naskah hingga 30 November 2013. “Kami berharap berbagai elemen masyarakat mau berpartisipasi dalam memberikan masukan kepada pengurus parpol sehingga fungsi utama mereka dalam bidang legislasi, penganggaran dan pengawasan berjalan sesuai harapan,” katanya.

Ditambahkannya, sayembara ini terbuka untuk umum, tidak dibatasi usia dan jenjang pendidikan. “Parpol itu kan wakil rakyat. Karenanya kami menginginkan semua kalangan mau menyampaikan pesan dan harapan kepada politisi. Akademisi, guru, aktivis, mahasiswa dan masyarakat bisa mengirimkan karyanya. Yang terpenting, setiap karya memiliki tawaran solusi,” kata Nasir.

Selain itu, Nasir meminta pihak-pihak lain untuk memikirkan dan menghidupkan minat menulis masyarakat, terutama di sekolah, dayah dan perguruan tinggi. Menurutnya, pelatihan-pelatihan jurnalistik, penulisan karya ilmiah dan sayembara menulis perlu digalakkan.

“Ke depan, Kita harus memiliki generasi penulis, tidak semata-mata generasi penutur. Dengan menulis, maka pesan-pesan yang ingin disampaikan akan sampai dan terdokumentasi. Ini menjadi PR bagi dinas-dinas teknis, seperti Dinas Pendidikan, Kemenag, dan Rektor Perguruan Tinggi,” sebut Nasir.

Mengenai sayembara yang digelar GAMNA, sub-tema yang dikendaki adalah Fungsi Parpol dalam Menyiapkan Kader Politik yang Ahli dan Peka Fungsi Legislasi; Fungsi Parpol dalam Menyiapkan Kader Politik yang Ahli dan Peka Fungsi Anggaran; Fungsi Parpol dalam Menyiapkan Kader Politik yang Ahli dan Peka Fungsi Pengawasan; Fungsi Parpol dalam Melahirkan Pemimpin yang Adil, Visioner dan Pro-Rakyat; serta Fungsi Parpol sebagai Wadah Pendidikan Politik bagi Rakyat.

Tulisan dikemas dalam bentuk essay dengan panjang antara 1000-1500 kata. Selain menyediakan hadiah untuk 6 pemenang, 30 karya terbaik akan dibukukan dan diluncurkan pada awal tahun 2014. Naskah dikirim dalam bentuk soft copy ke alamat email info@gamna.or.id dan pengurusgamna@gmail.com. Jadwal penyerahan hadiah ditentukan kemudian hari pada hari peluncuran buku pada awal 2014, pemenang akan dihubungi melalui nomor telepon/hp. Info lebih lanjut dapat menghubungi: 0811684789, 081360611121.(rel)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*