Sejarah ‘Hanakaru Hokagata’ Nama Pesawat Irwandi Yusuf

Irwandi Menaiki Eagle One Hanakaru Hokagata Foto :lintasgayo
Irwandi Menaiki Eagle One Hanakaru Hokagata Foto :lintasgayo
Irwandi Menaiki Eagle One Hanakaru Hokagata Foto :lintasgayo

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Mantan Gubernur Aceh, Drh Irwandi Yusuf menguak dibalik alasan dirinya menamai pesawat kesayangannya itu Hanakaru Hokagata, Pesawat Eagle One itu kini kendaraan setianya mengatar kunjungannya ke berbagai wilayah di Aceh.

Ini penjelasan penamaan Hanakaru Hokagata. Berikut seperti di tulis Irwandi Yusuf di akun facebooknya dikutip Aceh Selatan News, Selasa (23/2/2016):

Asbabum Muncul HANAKARU HOKAGATA.

DUA kata Bhs Aceh (sebenarnya 4 kata) yg kedengaran dan kebacaan seperti Bhs Nippon ini sebenarnya punya sejarah satirisme-nya sendiri. Awal diciptakan oleh saya pada tahun 2000 sebagai Username Email saya. Adabanyak pseudonames yg saya gunakan masa itu, a.l., hinokaru hokagata, jean-michel hara, hwa ?ek chung, sunaryo dll, semuanya utk penyamaran. Tdk mungkin saya tulis irwandi yusuf, nama saya yg asli. Maklum. masa itu jaman perang.

Akan halnya nama “hanakaru hokagata” itu awalnya pada zaman Pra-MoU Helsinki bernama “hinokaru hokagata” yg artinya kira2 “disini perang tapi dimanakah anda”. Itu kata2 sindiran yg ditujukan kpd agt GAM terutama eks Libya yg berdiam di luar negeri yang kerjanya hanya mengeritik saudara2nya yg sedang bertempur mati2an di Aceh.

Setelah MoU diteken thn 2005 dan damai bersemi di Aceh nama “hinokaru hokagata” menjadi tidak relevan lagi sebab tak ada lagi perang. Mengingat dan menimbang bhw tukang kritik perang tadi belum pulang2 juga ke Aceh setelah damai mgkn krn malu dgn hinokaru hokagata, maka nama samaran itu saya ganti dgn HANAKARU HOKAGATA. Artinya simpel, kan? Tidak ada lagi perang dimanakah anda. Kalimat itu juga sebenarnya lebih sebagai ungkapan kerinduan saya kepada teman2 yg masih berdiam di luar negeri tapi belum menjejakkan kakinya di Aceh semenjak berangkat dulu.
Jinoe HANAKARU HOKAGATA ka ulon rasi keu nan pesawat denden lon.

Don’t take it too seriously. Take it easy!

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*