Sejarah Singkat Gampong Pantee Raja, Kecamatan Pasie Raja

foto0382Aceh Selatan News | Pasie Raja – Sebelum resmi menjadi  gampong Pantee Raja, desa tersebut merupakan sebuah dusun dari gampong Ladang Tuhan, kecamtan Pasie Raja. Kemudian wacana pemekaran   muncul pada tahun 2001 silam.

Juni tahun 2005 masyarakat memutuskan untuk melakukan pemekaran karena mengingat jumlah penduduk yang sudah banyak dan luas wilayah yang juga memungkinkan untuk menjadi sebuah desa.

setelah melalui proses yang panjang, akhirnya panitia pemekaran beserta masyarakat berhasil melakukan pemekaran pada tanggal 1 Sepetember 2013 sesuai dengan dengan qanun kabupaten Aceh Selatan No : 6 tahun 2010

Secara teritorial  wilayahnya sebelah utara berbatan dengan gampong Sineubok, Timur berbatasan gampong Silolo. Dan Gampong Baru. Sedangkan sebelah barat berbatasan langsung dengan Gampong Ladang Tuha Dan Samudera Hindia.

M Yusa’k Terpilih menjadi geuchik pertama gampong tersebut setelah menang dalam pilciksung, menyisihkan rivalnya Taharuddin dan Efendi yang juga ikut mencalonkan diri dalam ajang demokrasi  itu beberapa waktu lalu.

 M Yusa’k dilantik oleh bupati Aceh selatan pada 26 Desember 2013 di Kantor Bupati Aceh Selatan di tapaktuan.

Setelah mekarkan gampong Pantee Raja memiliki tiga  lorong yaitu,  lorong Padang Tingkem yang di kepalai oleh Efendi, Lorong Kedai Padang dipimpin oleh Idril NL dan lorong Padang Gelumpang di bawah naungan Dani Afrizal. (iy)

Komentar