Sejumlah Peluang PAD Aceh Selatan Bocor

Jpeg

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Koordinator LSM Lembaga Independen Bersih Aceh Selatan, Mayfendri, SE menyatakan, sejumlah peluang PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor tower tidak masuk daftar tagihan alias bocor, sehingga  merugikan daerah. 

“Seperti keberadaan tower Telkomsel di depan Kantor Bupati Aceh Selatan, jalan T. Ben Mahmud Tapaktuan, terhitung  sudah 4 tahun tidak masuk ke KAS Daerah,” kata Mayfendri kepada Aceh Selatan News di Tapaktuan, Rabu (27/9/2017).

Menurut dia, kebocoran peluang PAD dari sektor tower Tekomsel tersebut,  meski sudah berlangsung lama, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan dalam hal ini dinas terkait belum memasukan ke dalam objek tagihan.

“Awal mula dibangunnya tower Telkomsel  itu menurut keterangan yang kita himpun, dibangun atas usulan Kepala Bagian PDE Setdakab Aceh Selatan masa itu, karena di Kantor Bupati sinyal HP hilang timbul,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, lanjut Mayfendri maka Pemkab saat itu menyurati pihak Telkomsel untuk membangun tower pembantu di depan Kantor Bupati Aceh Selatan.

“Namun, setelah Telkomsel membangun pada tahun 2014 hingga sampai  tahun 2017 ini, kenapa  tidak dimasukkan ke dalam objek PAD,” tanya Mayfendri, seraya menambahkan, padahal dengan masuknya objek tagihan dari sektor tower itu maka akan menambah PAD bagi daerah.

Pihak Telkomsel Cabang Tapaktuan yang dikonfirmasi melalui Bidang Teknisi, Zulmaidi menjelaskan, awal pembangunan tower pembantu itu atas usulan Pemkab Aceh Selatan, karena penangkapan sinyal di lingkungan Kantor Bupati saat itu tidak stabil.

“Mengenai kenapa tidak masuk sebagai objek PAD, karena tidak adanya surat pemberitahuan dari Pemkab Aceh Selatan, jika ada maka Telkomsel pasti memenuhi kewajiban membayar PAD,” jelasnya.

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Selatan, Diva Samudera Putra, SE, MM ketika ingin diminta keterangannya oleh wartawan belum berhasil ditemui. Namun, salah seorang Staf BPKD meminta wartawan 
untuk kembali siangnya, karena Kadis sedang keluar.  “Bapak Diva sedang keluar  sebentar, silahkan saja datang lagi nanti pukul 14,30 WIB,” ucapnya.(Ran)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*