Sekda Minta ASN Netral di Pilkada Aceh Selatan

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta netral dalam Pilkada serentak tahun 2018.

“Kita himbau agar ASN tidak terlibat dalam politik praktis,” tegas Sekda Kabupaten Aceh Selatan, H Nasjuddin SH, MM kepada Aceh Selatan News, Selasa (16/1/2018).

Ia mengatakan akan ada sanksi tegas dari komisi ASN jika ada PNS yang terbukti terlibat salam tahapan Pilkada serta mendukung dan mengarahkan masa untuk pasangan calon.

“Kemarin saya langsung memipin apel di Dinas Pangan dan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja untuk menyampaikan prihal tesebut dan tadi di Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Dayah.”

Dalam kesempatan itu, Sekda menyampaiakan agar ASN dijajaran Pemkab Aceh Selatan menjaga etos kerja, meningkatkan disiplin kerja dan menghimbau ASN agar tidak berpolitik.

“ASN dilarang ikut serta dalam tahapan Pilkada, memobilisasi masa, ikut mempengaruhi masa. Jika terbukti ada PNS yang terlibat dalam kegiatan Pilkada berdasarkan bukti-bukti. Dapat dilaporkan ke Pengawas Pemilihan (Panwaslih), Selanjutnya jika dianggap lengkap bukti Panwaslih bisa melaporkan Komisi ASN. Komisi ASN lah yang akan menjatuhi hukuman terhadap ASN yang terlibat,” terang Nasjuddin.

Diterangkan ASN boleh saja menghadiri kegiatan dalam tahapan Pilkada semisalnya kampanye namun ASN dilarang terlibat dalam kegiatan tersebut apalagi mengerahkan masa atau melakukan orasi ini tentu sangat dilarang.

“Kalau hanya menghadiri boleh asal tidak terlibat dalam kegaitan, tidak boleh menggunakan atribut ASN, tidak menggunakan fasilitas negara dan tidak boleh aktif dalam kegiatan. Duduk jauh-jauh hanya untuk mendengarkan saja dan harus hadir pada seluruh paslon dengan asumsi mendengar visi misi agar bisa menggunakan hak pilihnya dengan tepat pada Pilkada nanti,” ujarnya.

Untuk diketahui Menpa RB dan Komisi sudah menyurati seluruh instansi terkait agar ASN bersikap netral dalam Pilkada serentah tahun 2018.

Surat dari Menpan RB, dengan Nomor : B/71/M.SM.00.00/2017 tertanggal 27 Desember 2017 dengan hal “Pelaksanaan Netralitas bagi ASN pada Pilkada serentak tahun 2018, Pemilihan Legislatif tahun 2019 dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019”.

Sura dari Komisi ASN, Nomor : B-2900/KSAN/11/2017, Hal : Pengawasan Netralitas Pegawai ASN pada Pilkada serentak tahun 2018.

Jadi kepada PNS dihimbau agar tidak terlibat dalam politik praktis karena aturan yang mengatur tentang itu sudah jelas.(Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*