Spirit Hasanuddin Darjo, Membangun Pendidikan Aceh

Oleh: Tarmizi A. Gani

Kadis Pendidikan Aceh Drs. Hasanuddin Darjo, MM Disambut Sejumlah Pelajar Saat Tiba di Aceh Barat Daya (dok, DISDIK ACEH)
Kadis Pendidikan Aceh Drs. Hasanuddin Darjo, MM Disambut Sejumlah Pelajar Saat Tiba di Aceh Barat Daya (dok, DISDIK ACEH)

Aceh Selatan News | Blangpidie – Hasanuddin Darjo salah satu Pejabat satuan kerja pejabat Aceh yang sudah pernah menjabat beberapa instansi di propinsi Aceh, seperti, Badan ketahanan pangan,Arsip dan Perpustakaan dan sekarang sebangai kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Banyak program yang dicanangkan oleh Hasanuddin Darjo berhasil sampai sekarang, salah satunya program Hasanuddin Darjo di badan ketahanan pangan adalah lomba asah terampil petani Aceh (LAt-PA), juga di Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh yang di namakan dengan Pendekar membaca.

Sekarang dilaksanakan di seluruh pelosok Aceh, salah satunya bekerja sama dengan Kodam Iskandar Muda, fungsi dan tugas tersebut dilaksanakan oleh Kodim-Kodim seluruh Aceh sampai ke desa-desa yang juga dilaksanakan oleh para anggota Koramil yang di namakan dengan Babinsa.

itulah sekelumit keberhasilan Hasanuddin Darjo dalam melaksanakan tugasnya di Pemerintah Aceh, walaupun banyak rintangan dalam menjalankan tugas, spirit Darjo dalam membangun pendidikan Aceh tak pernah berhenti, apa lagi Hasanuddin Darjo cita-citanya bagaimana Aceh bisa bangkit dengan pendidikan, bermacam program diluncurkan untuk mencapai impiannya itu, setiap yang muncul dipikirannya beliau selalu dalam pemikiran positif untuk meningkatkat mutu pendidikan di sentoro bumi Aceh ini.

Pemerintah Aceh harus berbangga kepada Hasanuddin Darjo dalam bekerja, beliau ini sangat dedikasi dalam bekerja yang tak pernah menyerah sebelum berhasil dan tak mau berbuat setengah-setengah dalam bekerja, itulah sosok seorang Hasanuddin Darjo selama ini, dalam rangka pencanangan minat membaca di Abdya Kamis (14\01\2016) yang di ikuti oleh 3.000 siswa dan siswi se Kabupaten Aceh Barat Daya, yang dihadiri oleh Dirjen pendidikan dasar dan menengah kamendikbud RI atau di wakili oleh Direktur Kurikulum, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, sekaligus menyahuti seruan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Anies Baswedan untuk menyediakan waktu membaca khusus di sekolah.

Melalui gerakan ini di harapkan setiap sudut sekolah di Abdya membiasakan anak membaca, sehingga kegiatan membaca menjadi kesenangan baru bagi anak-anak Aceh dan jauh dari narkoba, yang saat ini sangat memprihatinkan.

Dalam kesempatan tersebut itu Hasanuddin Darjo menegaskan, detik-detik pencanangan minat baca di Abdya, bahwa dengan membaca kita bisa melihat dunia, mari kita berlomba-lomba dalam membaca, namun demikian Hasuddin Darjo juga memberi pertanyaan kepada para siswa-siswi yang hadir, “siapa nama gubernur kita sekarang” tanyanya yang dijawab salah satu siswa yang maju ke depan, dengan fasih anak tersebut menjawah, nama gubernur kita sekarang adalah dr.Zaini Abdullah, setelah itu Hasanuddin Darjo melontarkan pertanyaan kedua, siapa nama Wakil Gubernur kita sekarang, juga dijawab oleh salah satu siswa, nama Wakil Gubernur kita adalah Muzakkir Manaf, “Rupanya anak-anak kita pintar-pintar,” ucap Darjo,

Tahu siapa pemimpin kita sekarang, akhir siswa yang bisa menjawab mendapat hadiah dari Kadisdik Aceh, semua para undangan memberi support yang sangat meriah kepada Kadis Pendidikan Aceh ini, karena beliau sangat antusias dalam meningkatkan mutu pendidikan Aceh. Di akhir pembicaraan Hasanuddin Darjo tidak lupa juga mengucapkan pesan Gubernur Aceh, Ayo Sekolah, belajar. ayo kerja, Aceh pasti bisa.

Komentar