Kesehatan /  -

Suka Duka Tenaga Medis Saat Bertugas di Buloh Seuma

Agustus 17th, 2017 | Posted in Kesehatan, Trumon | |
2017-11-25 03:36

Aceh Selatan News | Trumon – Sejak Merdeka 72 tahun silam ternyata tidak semua wilayah dalam bingkai NKRI merasakan ‘kemerdekaan’. Seperti salah satu wilayah pelosok di Aceh Selatan yang masih sulit diakses bahkan oleh pelayan kesehatan.

Akibat belum maksimalnya sarana tranportasi menuju kemukiman Buloh Seuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, menjadi kendala bagi tenaga kesehatan yang bertugas di sana.

Selain jauh dari pusat ibu kota Kecamatan Trumon, tenaga medis Puskesmas Trumon harus bertarung dengan waktu dan kondisi jalan yang buruk untuk mencapai Buloh Seuma, untuk melayani masyarakat.

Terlebih bila musim penghujan, badan jalan yang dilalui untuk menuju Buloh Seuma dipenuhi lumpur dan berlubang. Sehingga jarak tempuh yang biasanya 1 jam, terpaksa harus menghabiskan waktu berjam-jam.

Bahkan, kendaraan yang ditumpangi tenaga kesehatan itu terpaksa harus tertatih-tatih melewati badan jalan yang mengalami rusak berat tersebut.

Walau badan jalan menuju Buloh Seuma sudah diakukan pengerasan dan pelebaran, namun hingga kini belum ada tanda-tanda dilakukannya pembangunan aspal hoxmit.

Sulitnya untuk melalui badan jalan itu, dikisahkan oleh seorang pengguna media sosial (medsos) lewat akun Facebook atas nama Marni Ajja. Dalam cuitannya, Minggu (13/08/17), ia bercerita bagaimana sulitnya perjuangannya mereka mengabdi sebagai perawat Pukesmas Trumon.

Ia mengkisahkan, tim kesehatan dari Puskesmas Trumon harus menempuh jalanan berlumpur terutama jika hujan, semestinya harus di tempuh satu jam kini menjadi berjam jam di perjalan.

Ia juga mengunggah photo mobil ambulans yang terpaut saat sedang melalui lumpur dan bahkan mereka dibantu oleh beberapa masyarakat yang melintas untuk terlepas dari jebakan lumpur, bahkan juga di bantu oleh mobil truk.

“Tolong lah pemerintah perhatikan kami yang tinggal di daerah pelosok ini. Setidaknya lebih di perhatikan kondisi jalan, apa lagi sekarang lagi ada proyek angkutan membuat jalan semakin parah sehingga menggangu proses pelayanan kesehatan, seperti posyadu yang rutin kami lakukan ini,” tulisnya.

Status dan fotonya ini lantas mengundang reaksi netizen. Beberapa netizen ada yang memberinya semangat dan juga menyayangkan akses jalan yang kurang mendapat perhatian pemerintah setempat.

Ami Manual : Pajan keuh merdeka indonesia.
Samsul Kamal : Kasian nya tetap semangat ya.
Nurul Bahri : Ayo pejabat daerah buat jln yg bagus supaya lancar semua urusan.

Hal senada juga dikeluhkan salah satu staf Puskesmas Trumon, Teuku Alharis saat melakukan kegiatan sikat gigi masal di SD Negeri Buloh Seuma.

“Badan jalan sulit dilalui, kondisinya becek dan berlumpur, kalau tidak di bantu oleh masyarakat mungkin sampai sore lah baru sampai ke Buloh Seuma,” ujarnya.

Dengan kondisi jalan tersebut, tambahnya, biasanya jarak tempuh hanya 1 jam bisa menjadi 2 jam baru sampai ke tempat tujuan,” imbuhnya. (Azk)

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.