Kesehatan /  -

Trumon  Berupaya Lepas Dari Penyakit Filariasis

Agustus 22nd, 2017 | Posted in Kesehatan, Trumon | |
2017-11-25 03:36

Aceh Selatan News | Trumon – Penyakit kaki gajah (filariasis) yang kebanyakan  diindap warga Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, mendapat perhatian serius  lintas sektor di daerah itu dengan menggelar lokarkarya mini,  bertempat di kantor Sekretariat Tim  Pendamping Desa Trumon, Senin (21/8/2017).

Kegiatan yang dimulai  pada pukul  09.00 WIB dan selesai pada pukul 12.30 WIB tersebut bertajuk “Meningkatkan IPM (Indek Pembangunan Masyarakat) Kecamatan Trumon Melalui Masyarakat Sehat Jasmani dan Rohani, Masyarakat Peduli Lingkungan, Masyarakat Mandiri”.

Kegiatan dibuka oleh Camat Trumon,  Filda Yulisbar, S.STP, M.I.P.  Pemateri terdiri dari yakni, dr. Hari Pranoto, tentang pemberian obat pencegahan filariasis (Kaki Gajah), Yuslinda, Am. KL,  tentang pembahasan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dan Pestarida Tambunan Amd. Keb, tentang pembahasan imunisasi pada balita.

Acara tersebut di hadiri unsur  Muspika Trumon, Kepala Puskesmas Trumon, Said Saleh,  SH, Imum Mukim Trumon, para Keuchik, Tuha Peut dan kader kader kesehatan serta tokoh masyarakat Trumon dan  Bidan, Staf Puskesmas, Kader Kesehatan dan Tokoh Agama.

Camat Trumon, Filda Yulisbar mengatakan, dilaksanakannya acara ini  adalah untuk memelihara kerjasama lintas sektor Kecamatan Trumon dalam sektor kesehatan.

“Selain dengan obat, kita juga perlu mencegah filariasis lewat  penularan dari nyamuk, seadainya lingkungan  bersih sedikit banyaknya bisa menghambatnya terjangkitnya penyakit,” katanya.

Menurutnya, Trumon merupakan penyumbang terbanyak filariasis, karna memang wilayah Trumon adalah kawasan perkebunan. “Jadi kadang-kadang lingkungan kita, kita  bersihkan, kebun orang kan tidak mungkin kita bersihkan juga,” ujarnya.

Maka untuk mencegah hal tersebut, lanjutnya perlu obat, selain perlu pencegahan dari luar eksternal perlu juga pencegahan    dari dalam internal dengan  minum obat. “Perlu kami sampaikan, diharapkan bagi semua pihak perlu di sampaikan kepada  masyarakat untuk meminum obat,” harapnya.

Ia juga mengharapkan kepada semua pihak supaya serius dalam menangani kasus Filariasis karna masih banyaknya  penderita filariasis di Kecamatan Trumon. “Sebagaimana kita ketahui,  ada 11 orang penderita filariasis,  satu sudah meninggal dunia, kita harapkan kedepan tidak akan bertambah lagi,” harapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Trumon, Said Saleh, SH menyampaikan, kegiatan musyawarah lintas sektor ini bukan hanya permasalahan yang di sampaikan oleh Dinas Kesehatan atau permasalahan Pukesmas.

“Tetapi kami hanya mengadakan acaranya mempasilitasi, tetapi dalam acara ini pak Danramil pak Kapolsek  pak keuchik pak mukim seluruh permasalahan   yang ada di dalam wilayah kerja kita,” tuturnya.(Azk)

Komentar

©2015 Kompoz is version 4.0 Powered by Wordpress beautified by Dewaz. All Rights Reserved.