Tujuh Paslon Bupati-Wakil Bupati Aceh Selatan Ikuti Uji Mampu Baca Al Quran

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Sebanyak tujuh pasang bakal calon bupati dan wakil bupati Aceh Selatan untuk Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018 mengikuti tes kemampuan membaca Al Quran sebagai syarat menjadi calon kepala daerah.

Tes uji kemampuan membaca Al Quran itu dilaksanakan di Masjid Agung Istiqamah, Tapaktuan pukul 09.00 WIB – 12.30 WIB. Pasangan calon yang mengikuti tes uji mampu baca Al quran terlihat kompak mengenakan pakaian piama dengan warna putih kecuali Husin Yusuf yang menggenakan kemeja panjang warna putih lengkap dengan dasi berwarna kuning.

Ketujuh pasangan calon yang mengikuti tes baca Al Quran itu adalah H Mirwan MS SE – Zirhan SP, HT Sama Indra SH – Drs H Harmaini M.Si, H Azwir S.Sos – Tgk. Amran, Drs H Zulkarnaini M.Si – M Jasa, Darman SP, MM – Baital Makmur ST, Husin Yusuf S.Pd.I – Dr Mustafril ST M.Si dan H Karman BA SE – Afdal Yasin.

Ketua tim penilai mampu baca Al Quran bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Selatan tahun 2018, H Ahmad Ibrahim BA mengatakan berdasarkan petunjuk tekhnis dari KIP Aceh Selatan yang menjadi aspek penilaian adalah, Tajuid, Kasahah dan Adab.

“Jadi itu saja yang dinilai bukan seperti MTQ. Dalam tajuid berisi unsur maqarijul huruf, Sifatun huruf, ahkamul huruf dan ahkamul balkasah. Didalam Kasahah itu dinilai wakaf dan iftidah-nya, jadi berhenti dan memulai kembali kemudian mengenai baris, pemeliharaan baris, pemeliharaan kata jangan sampai ada yang tertinggal huruf atau bertambah huruf dan sebagainya, sedangkan di adab itu khusus kerapian dan kesempurnaan pakainnya, cara memegang qur’an, cara berjalan dan cara duduk di mimpar tilawah,” jelas Ahmad Ibrahim.

Dilanjutkannya, sesuai arahan dari KIP Aceh Selatan masing-masing calon bupati atau wakil bupati yang mampu memperoleh 50 poin dari skala 100 maka sudah dinyatakan lulus. Tapi kalau dibawah 50 maka dinyatakan tidak lulus.

“Nanti akan kami sidangkan dulu oleh para dewan juri kemudian hasilnya nanti akan kami serahkan ke KIP dan KIP yang akan menyampaikan melalui surat tertutup kepada masing-masing calon,” urainya.

Masing-masing calon diminta membaca dua ayat atau rata-rata 4 baris yang dibagi dalam tiga materi. Materi bacaan pertama penggalan ayat dalam juz 1 – juz 15 sedangkan meteri kedua diambil dari juz 16 sampai jus 30 juz dan materi ketiga dari juz ama.

Sebelumnya para pasangan calon mencabut nomor undian sebagai urutan mebaca Al Quran dan untuk surah yang akan dibaca kembali masing-masing peserta melakukan pencabutan undian.

Sementara itu, Ketua Devisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Selatan, Edi Sahputra ST mengutarakan, Penguguman tes mampu baca Al Quran akan disampaikan nanti pada tanggal 15 atau 16 Januari 2018 secara tertutup kepada masing-masing paslon sekalian dengan hasil tes kesehatan yang akan berlangsung 13-14 Januari 2018 di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh.

“Kita masih menunggu hasil dari dewan juri (tes mampu baca Al Quran) mareka belum merekap, Setalah merekap dewan juri membuat surat keputusan (SK) baru kemudian diserahkan kepada KIP,” terang Edi Sahputra.

Adapun tim penilai mampu baca Al Quran bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Selatan tahun 2018 diketuai oleh H Ahmad Ibrahim BA dan dua orang anggota, Drs Syahril Anas dan Tgk. Rusdi Nur, S.Pd.(Iy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*