Unsyiah Sediakan 6.580 Kursi Mahasiswa Baru 2016/2017




ist
ist
ist

Banda Aceh  – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh pada tahun akademik 2016/2017 akan menerima sebanyak 6.580 orang mahasiswa baru dari berbagai disiplin ilmu pada tahun tersebut.

Kepala Humas Unsyiah Darussalam, Banda Aceh, Ilham Maulana di Banda Aceh, Jumat mengatakan jumlah mahasiswa baru yang akan diterima pada tahun akademik 2016/2017 terdiri dari program sarjana (S1) sebanyak 5.295 orang dan diploma (D3) sebanyak 1.285 orang.

Ilham Maulana menambahkan informasi jumlah kuota penerimaan mahasiswa baru tersebut disampaikan dalam sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2016 yang dilakukan oleh Panitia Lokal Unsyiah.

Ia mengatakan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 312 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan operator SMA/SMK/MA di seluruh Banda Aceh, Aceh Besar, dan Sabang.

Selanjutnya, Tim akan mengadakan acara yang sama di Kabupaten Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya. Sementara, sosialisasi untuk daerah lainnya di Provinsi Aceh akan dilakukan oleh Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Universitas Teuku Umar Meulaboh dan juga Universitas Samudera Langsa.

Hadir sebagai pemateri dalam acara tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Alfiansyah Yulianur dan Kepala Biro Administrasi Akademik, Said Iskandar.

Ada pun materi sosialisasi yang disampaikan meliputi cara pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) serta pendaftaran SNMPTN dan Bidikmisi, dan berbagai informasi lainnya yang berhubungan dengan skema penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun 2016.

“Sosialisasi ini penting, karena terdapat beberapa perbedaan dalam penyaringan SNMPTN tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.

Ia menjelaskan, pada tahun akademik 2016/2017 calon mahasiswa yang akan diterima melalui jalur SNMPTN sebanyak 40 persen atau turun sepuluh persen dibanding porsi tahun sebelumnya.

Sementara sisanya akan diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) sebanyak 35 persen dan jalur ujian mandiri 25 persen.

Ia menambahkan, untuk memudahkan masyarakat, Panitia lokal Unsyiah telah mengunggah video petunjuk pengisian PDSS di youtube melalui akun UnsyiahTV(antaraaceh)

Komentar










Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*