Wabup Pimpin Peringatan Hardikda di Aceh Selatan

Aceh Selatan News | Tapaktuan – Peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-58 (2 September 1959 – 2 September 2017) di Kabupaten Aceh Selatan ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih dalam apel bersama dengan seluruh instansi hingga para siswa itu dipusatkan di halaman kantor Bupati lama, Gampong Padang, Tapaktuan, Kamis, (7/9/2017) pagi.

Pada peringatan Hardikda kali ini mengusung tema “Wujudkan Aceh Carong dan Islami”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara wakil Bupati Aceh Selatan Kamarsyah S.Sos MM, Perwira Upacara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Drs Martunis, Komanda Upacara Kepala SMPN 1 Tapaktuan Erdiansyah S.Pd.

Selanjutnya, Pembawa acara Kasubag Humas dan Protokol Setdakab Ulfah Khairiyah SE, Pembacaan UUD 1945 Guru SMPN 1 Sawang Rahmatillah, S.Pd, Pembacaan doa Kasi Penyelenggaraan Syariah Aljabar Fauzi, S.Ag, Penggerek bendera Siswa SMAN 1 Tapaktuan dan pasulan obade Cerana Gempita SMAN 1 Tapaktuan.

Wakil Bupati, Kamrsyah selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, antara lain menyampaikan Sejarah Hardikda ini diawali ketika para pemimpin Aceh meletakan tonggak sejarah berdirinya Universitas Syiah Kuala, IAIN Ar- Raniry dan Dayah Manyang oleh Tgk Chik Pante Kulu yang berada didalam satu wilayah yang dinamakan Kota pelajar, Mahasiswa atau Kopelma Darussalam.

“Pada tanggal 2 September 1959 presiden Soekarno meresmikan kampus Darussalam sebagai tonggak pengutan pendidikan di Provinsi Aceh dapat kita atasi secara efektif dan tepat sasaran.

Saya tegaskan kembali bahwa pemerintah Aceh akan terus meningkatkan perhatiannya bagi kemajuan pendidikan di daerah Aceh, setiap tahun ke tahun mengucurkan sekitar 20 % dari APBA untuk urusan pendidikan,” ujar Kamarsyah.

Selain Alokasi tambahan dari dana Otsus dan semua anggaran dana tersebut jangan kita sia-siakan dengan beberapa langkah dan terobosan perlu kita tingkatkan.

“Saya mengharapkan momentum Hardikda ini menjadi langkah awal bagi kita untuk membenah diri guna tercapainya program sehingga melahirkan generasi yang mampu mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, menjadi manusia beriman dan bertaqwa, berakal Mulia, berilmu Kreatif dan mandiri,” tutup Kamrsyah mengakhiri amanat.

Peringatan Hardikda Aceh ke-58 di Aceh Selatan dihadiri kepala sekolah, siswa, sejumlah unsur Forkopinda, para Asisten Setdakab, beberapa kepala SKPK dan sejumlah tenaga pendidik.(Iy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*