Warga Trumon Minta Film G30S/PKI Versi Lengkap

Aceh Selatan News | Trumon – Kendati dalam suasana hujan, seratusan warga Gampong Ie  Medama dan Gampong Teupin Tinggi, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan antusias mengikuti nonton bareng (nobar) pemutaran flm G30S/PKI, bertempat di halaman SDN Teupin Tinggi, Sabtu (30/9/2017) malam.

Sebelum pemutaran film tersebut terlebih dahulu diawali kata sambutan dari Babinsa Koramil Trumon, Lumban Gaol yang diantaranya menyebutkan, pentingnya pemutaran film pengkhianatan G-30S/PKI ini agar  masyarakat tidak melupakan sejarah kelam bangsa Indonesia.

‚ÄúSepak terjang PKI tidak bisa lepas dari sejarah kelam bangsa Indonesia,  mari kita sama-sama saksikan pemutaran film ini agar kita selalu waspada akan bahaya laten Komunis,” sebutnya.

Hanya saja saat berlangsung tayangan film tersebut, membuat sebagian penonton kecewa, karena film klosal yang di sutradarai Almarhum Arifin C Noor yang seharusnya berdurasi 3 jam, sementara yang ditayangkan hanya berdurasi 1 jam.

Walau mendapat protes dari warga terkait durasi tayang, namun pemutaran film tersebut berjalan lancar dari awal hingga akhir. Atas adanya kekecewaan penonton itu, Babimsa Koramil Trumon, Lumban Gaol mengatakan, pemutaran flm sengaja dipersingkat semengingat waktu yang tidak memungkinkan, juga banyak anak-anak yang ikut menonton.

“Mengingat waktu sudah terlalu malam dan juga karena banyak anak-anak  yang ikut menonton film ini. Kurang pantas anak-anak kita melihat adegan yang sadis atau kejam,” jelas Lumban Gaol, seraya menambahkan, lain waktu akan diputar lagi flm tersebut berdurasi 3 jam.

“Nanti kalau ada waktu akan kita putar lagi yang asli berdurasi 3 jam,” imbuhnya. (Azk)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*