Yok Menikmati Alam Menggamat Sambil Naik Stempel

Aceh Selatan News | Kluet Tengah – Berwisata sambil menikmati perahu Stempel di aliran Sungai Kluet, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan sangat menantang. Sungai yang dilalui tidak hanya mengalir lembut, tetapi memiliki aliran yang menciutkan nyali.

Perahu Stempel, begitu warga disana menyebutnya, perahu tersebut dibuat oleh warga setempat dari bahan kayu khusus. Perahu itu juga salah satu alat transportasi warga di wilayah tersebut untuk pulang pergi dari salah satu gampong yang ada di hulu Sungai, yakni gampong Alue Kejrun, perahu kayu akan hilir mudik dialiran sungai nan jernih itu untuk mengangkut penumpang dan hasil pertanian warga yang berkebun disepanjang aliran sungai.

Pada pertengahan Desember 2017 wartawan Aceh Selatan News berksempatan kembali untuk menggunakan moda transportasi andalan masyarakat Alue Kejrun tersebut.

Naik perahu memungkinkan anda untuk menikmati pemandangan indah disepanjang aliran Sungai Kluet. Perahu Stempel yang berukuran luas stengah meter dan panjang lebih kurang 8 meter tersebut menggunakan mesin robin.

Sampai saat ini, Sungai Kluet selalu dimanfaatkan sebagai akses transporasi satu-satunya menuju gampong Alue Kejrun, sehingga sungai secara otomatis terpelihara dengan baik.

Jika anda hobi memancing dan ingin menikmati ikan kerling yang terkenal di Sungai tersebut, anda dapat menyewa perahu tersebut.

Menaikki perahu Stempel sambil menikmati pemandangan di kanan kiri perahu dan keindahan panorma, segarnya udara sungai, Ayo ke Menggamat !!.(Si)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*